Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar

Bagaimana Cara menanam bunga bougenville atau kembang kertas dengan benar

ternyata apabila di tanam dan merawat dengan cara yang benar akan terlihat sangat cantik

Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar
istockphoto.com
Nah sesion kali ini admin akan membahas mengenai budidaya bunga bugenvil,apabila kita menyebutkan bougenville pasti kebanyakan warga indonesia masih bingung dengan kata bougenville kan tetapi apabila kita mengucapkan bunga kertas pasti deh ooohhhhh…

Moms wajib membaca artikel ini 16 bunga cantik sebagai dekorasi rumah anda lengkap dengan cara menanam dan merawatnya

Bunga Bougenville atau bunga kertas ini merupakan tanaman yang berbentuk pohon kecil yang mempunyai bunga yang berwarna terang dan sangat tipis,makanya bunga ini di sebut bunga kertas,tanaman yang berbentuk pohon ini merupakan salah satu bunga yang selalu anda lihat di pekarangan atau di pot warga indonesia,mengapa?karena bunga ini sangat mudah ditanam serta perawatannya tergolong cukup mudah.

Yuk simak baik baik cara menanam bunga bougenville ini :

Cara menanam bunga bugenvil tanpa akar atau stek batang

Tanaman bunga bougenville ini bisa menanamnya menggunakan hasil dari potongan batang atau tangkai yang agak besar dan usia batang yang sudah tua,cara memotong batang bunga bougenville ini seperti potongan stek batang singkong yaitu dengan menyerong,kenapa menyerong agar supaya memaksimalkan tempat dimana pertumbuhan akar pada calon bunga bugenvil ini,dan tancapkan ke media tanam berupa pot atau polibag anda.

Cara menanam bougenville dengan bahan bonsai

Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar
Teknik dan berbagai cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas
Bagaimana Cara menanam dan merawat bunga bugenvil untuk bahanan bonsai hampir sama dengan dengan penanaman stek batang,hanya saja apabila moms ingin membuat bonsai dengan bunga ini kita harus memilih batang yang lumayan tua dan mempunyai karakter dan bentuk batang yang unik sehingga bakalan bonsai bougenville ini nantinya akan terlihat cantik dan eksotis,dan pemilihan bakalan bunga bougenville ini pemotongan batangnya pendek-pendek,ya namanya saja bonsai .


Persiapan media tanam yang cocok untuk bougenville

Untuk Bunga Bougenville ini termasuk bunga yang cukup tahan di lokasi yang kering,akan tetapi alangkah baiknya tanah yang jadikan media tanam bunga ini adalah tanah humus dan mempunya ph netral,tidak disarankan menggunakan media tanam dari tanah gambut yang notabene memiliki ph asam,kondisi tanah asam menyebabkan rentannya pembusukan akar pada tanaman bunga bougenville ini,jadi untuk media tanam tanaman ini admin menyarankan menggunakan tanah humus dicampur sekam bakar dan pemberian pupuk kompos atau pupuk kandang dan yang paling utama menyiram nya,

Note:Apabila di wilayah anda tidak ada sekam bakar anda juga bisa gunakan paris malam yang kasar.

13 jenis begonia cantik dan cara menanamnya

Untuk perbandingan takaran media tanam awal untuk bunga bougenville ini yaitu 1 tanah humus,1 sekam bakar dan 1 pupuk kompos atau pupuk kandang.dan dimasukan ke polibag atau di pot anda.

Teknik Penanaman 
Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar
stek bunga bougenville

Untuk penanaman bunga bougenville atau kembang kertas ini sangatlah mudah cukup di tancapkan langsung ke media tanam dengan kedalaman 5 cm,lalu diberikan penyiraman air secukupnya,karena bunga ini tidak menyukai tanah yang terlalu lembab dan berair.mereka lebih suka dengan tanah yang poros,yaitu tanah yang mempunyai banyak rongga udara untuk sebagai tempat bernafasnya akar dan juga tidak menyimpan terlalu banyak air.

Setelah tumbuh tunas yang cukup banyak barulah kita memindahkan ke pot cantik moms  dengan media tanam yang sama seperti di atas.

Untuk penanaman menggunakan bahan bonsai hampir sama dengan penanaman bunga bugenvil seperti biasa,akan tetapi untuk membuat tanaman bonsai bougenville butuh tahan-tahan yang lebih lanjut agar membuat tanaman kita nantinya terlihat lebih indah.

Penyiraman

Untuk Awal-awal proses pertumbuhan akar bunga bougenville membutuhkan air dan nutrisi yang cukup,agar pertumbuhan akar dapat berjalan dengan maksimal,jadi di fase awal pertumbuhan kita harus menyiram nya 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Apabila tanaman kita sudah tumbuh besar di lakukan lah pengurangan intensitas penyiraman air yaitu 1 kali dalam sehari,karena di bunga bougenville ini ada namanya fase kering,yang dimaksud fase kering adalah fase yang dimana bunga bougenville ini tidak membutuhkan air maka kita tidak boleh melakukan penyiraman selama 4 sampai 5 hari,setelah itu dilakukanlah pemupukan (teknik pemupukan ada di sub judul pemupukan lanjutan yang ada di bawah)agar bunga dari bougenville ini bisa tumbuh rimbun dan mempunyai bunga yang sangat banyak.jadi untuk budidaya bunga ungenville ini kita harus rajin menyiram tanamannya yah moms.

Pencahayaan sinar matahari

Karena tanaman bunga bougenville ini merupakan tanaman tropis,bunga ini sangat membutuhkan cahaya sinar matahari,makanya bunga ini banyak di tanam di area terbuka atau di tanam-taman yang terkena sinar matahari langsung,ga rewel kan moms tanaman ini.di jemur aja dia senang….

Pemotongan ranting atau pemangkasan

Tanaman ini merupakan jenis tanaman berdaun lebat,dan mempunyai pertumbuhan ranting yang cepat,apabila moms tidak melakukan pemangkasan akan terlihat jelek dan tidak rapi,pemangkasan ini berguna juga sebagai perangsang pertumbuhan tunas dan bakalan bunga,makanya tanaman ini disukai oleh bule sebagai hiasan rumah dan sebagai pagar hidup.

Beda lagi kalau pemeliharaan bougenville sebagai bakalan bonsai,pemangkasan untuk bakalan bonsai di lakukan secara rutin dan terarah,agar tumbuh bonsai bougenville kita sesuai dengan keinginan kita.

Pemupukan lanjutan

Bagaimana cara pemupukan lanjutan disini sangatlah penting,jika ingin bunga bougenville anda tumbuh dengan lebat dan mempunyai bunga yang banyak proses pemangkasan dan pemupukan haruslah menjadi prioritas mom sekalian.pemupukan baik dilakukan ketika umur tanaman kita berumur 2 bulan setelah pindah ke pot,karena dalam jangka waktu 2 bulan tanaman kita memiliki akar sudah tua dan sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Pemupukan disarankan diberikan setelah dilakukan pemangkasan karena tanaman bougenville membutuhkan asupan makanan yang berguna mempercepat pertumbuhan tunas baru dan bersamaan dengan pertumbuhan putik bunga baru.

Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Pemupukan bunga bougenville ini disarankan  dilakukan pada musim kemarau agar pupuk yang kita berikan akan diserap semua pada saat kita melakukan penyiraman.karena apabila pemupukan di musim penghujan berpotensi pupuk yang kita beri sebagian akan terbawa oleh air hujan.

Pupuk yang digunakan yaitu pupuk NPK takaran perbandingan 16-16-16 yang banyak di jual di toko pertanian,untuk pemberinnya campurkan segenggam pupuk npk 16:16:16 ke 3 liter air untuk 1 tanaman bougenville yang berukuran sedang.


Bougenville mempunyai 4 kali masa berbunga dalam setahun,maka bagusnya kita melakukan pemupukan di awal musim kemarau,agar masa proses penumbuhan bunga dapat berjalan terus-menerus sepanjang tahun.

Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar
Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar

Adapun pertanyaan yang selalu moms tanyakan mengenai bunga bougenville ini admin akan menjawabnya disini?

Berapa lama tunas baru bougenville tumbuh?

Biasa tunas baru bougenville ini tumbuh setelah dilakukan penanaman tahap awal maka dibutuhkan  waktu selama 20 hari lebih.

Kapan bunga bougenville kita mulai mekar?

Awal kemarau merupakan awal bunga bougenville mekar,dan akan berbunga sebanyak 4 kali dalam setahun apabila nutrisi yang dibutuhkannya cukup.

Apakah bunga bougenville atau bunga kertas bisa bertahan hidup di air?

Bunga kertas kurang suka dengan media yang mempunyai kadar air yang tinggi,akan tetapi anda bisa bisa melakukan stek di dalam air akan tetapi pertumbuhan tanaman kurang maksimal.tapi admin menyarankan untuk tidak melakukannya.


Mungkin ini saja info tentang penanaman bunga bougenville semoga info ini bermanffat untuk moms

Post a Comment for "Cara menanam bunga bougenville atau bunga kertas dengan benar"