Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah Sistem organik

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik

Helo moms kali ini admin akan menguak tentang bagaimana cara menanam cabe rawit dengan benar agar buahnya lebat yah moms,tanaman cabe ini bisa ditanam di sawah,di polybag,hidroponik maupun dengan sistem tabulampot,kita tau sendiri harga cabe rawit di pasaran meroket,padahal kita yang notabene lidah lokal original indonesia demen yang namanya makanan pedas dan sangat bermanfaat,ga ada lombok ga nikmat,apalagi di tanam secara Teknik organik jadi manfaatnya tambah sehat tuh.


Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik

Tanaman cabe rawit ini merupakan tanaman yang sangat subur di tanah humus indonesia,dan menyukai iklim tropis,mau tau bagaimana cara menanam cabe rawit agar berbuah lebat,dan apabila di tata dengan rapih buahnya yang hias akan cantik di depan halaman rumah moms ???nih admin akan membahas perawatanya secara lengkap,dan ini cocok untuk pemula yah moms.

Admin disini menggunakan pupuk organik yah,karena di samping lebih hemat cabe yang kita konsumsi makin sehat loh moms,karena terhindar dari zat-zat kimia yang dapat mempengaruhi tubuh kita,dan merawatnya pun cukup mudah

Cara Menanam Cabe rawit yang benar dengan sistem organik

Persiapan Bibit Cabe

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
cara memisahkan biji cabe rawit

Persiapan benih ini anda bisa melakukannya dengan membeli bibit cabe kemasan yang mempunyai kualitas baik,atau isa juga mendapatkan di buah cabe itu sendiri.

Dengan cara mengeluarkan semua biji cabe segar kita misalnya admin mengambil buah cabe rawit yang agak besar,berwarna merah dan sudah matang 3-4 biji lalu mengeluarkan semua bijinya tersebut dan dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi air.

Setelah beberapa saat aduk lah wadah yang telah berisi biji cabe rawit tersebut dan mengangkat atau membuat biji cabe yang tidak tenggelam,atau mengambang,karena biji cabe yang mengambang tanaman yang dihasilkan tidak baik.

Lalu di angin-anginkan atau di keringkan di sinar matahari langsung sampai kadar air di biji cabe kita berkurang atau kering,ingat jangan sampai terbawa angin yah moms,karena biji cabe itu lumayan ringan loh.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
penyimpanan biji cabe rawit sebagai perangsang tumbuhnya kecamba

Penyemaian bibit biji Cabe rawit anti gagal

Media tanam Semai atau Penyemaian cabe rawit cabe anti gagal

Dalam penyemaian kita harus menyiapkan media tanamnya,moms bisa menggunakan cocopeat,tanah humus,untuk penyemaian kita bisa sediakan wadah semacam ember atau bisa juga menggunakan rak telur yang tidak terpakai ataupun menggunakan media tanam menanam cabe di polybag,apabila moms mempunyai rockwool itu jga bisa di gunakan sebagai media semai tanaman cabe.


Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
media tanam penyemaian tanaman cabe rawit

Moms bisa mencampurkan pupuk kompos 1 bagian dicampur cocopeat 1 bagian untuk media tanamnya.

Sebelum bibit cabe rawit kita di tanam di media tanam semai admin menganjurkan biji cabe yang telah kering tadi di simpan di beberapa lembar tisu yang basah atau kain tipis lalu tutup kembali dengan helaian tisu basah agar menjaga kelembabannya.dan di simpan di wadah baskom dan tutup kantong plastik hitam selama seminggu untuk memicu munculnya kecambah pada biji cabe rawit.

Note: Moms bisa juga menggunakan botol dan gelas bekas air mineral ataupun aqua sebagai media tanam apabila tidak mempunyai polibag mini dll.

Setelah seminggu dan muncul kecamba kecil pada biji cabe rawit kita barulah kita memindahkan biji cabe yang telah berkecambah ke media tanam semai yang telah kita siapkan.media tanam semai bisa berupa rak telur bekas ataupun polybag mini,dengan cara melubangi media tanam menggunakan jari kelingking ataupun kayu kecil lalu masukkan kecambah biji cabe rawit kita,posisi menanam kecambah cabe yang baik yaitu biji cabenya berada di bagian bawah media tanam.agar pertumbuhan kecamba bisa maksimal

Dalam proses pertumbuhan bibit cabe di media tanam semai kita harus mengecek nya agar media tanam tetap lembab,di tahap ini moms tidak usah memberikan pupuk yah karena sudah ada kompos pada media tanam.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
umur 2 minggu bibit cabe rawit

Setelah 3 minggu atau lebih bibit cabe kita siap di pindahkan ke media tanam yang lebih besar bisa berupa pot,polibag atau pekarangan rumah kita,di sebagian di daerah indonesia banyak yang menanam cabe rawit di area persawahannya ketika musim kemarau.karena cabe ini bisa hidup dan tumbuh subur pada saat di musim kemarau.

Pemindahan dan pembuatan media tanam lanjutan

Media tanam lanjutan di polibag atau  di pot

Untuk penyiapan media tanam di pot kita membutuhkan pupuk kompos ataupun pupuk kandang,untuk pupuk yang baik untuk cabe anda bisa menggunakan kotoran kambing,lalu kita siapkan tanah humus dan sekam bakar,untuk perbandingannya yaitu 1 bagian pupuk kompos/kandang 1 bagian tanah humus dan 1 bagian sekam bakar lalu di campur dengan rata.setelah itu bibit tanaman cabe kita dipindahkan ke media tanam lanjutan polybag ataupun pot.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
media tanam lanjutan tanaman cabe rawit

Untuk Media tanam di pekarangan rumah

 Anda sebenarnya bisa menggunakan sekam bakar akan tetapi kita akan memerlukan sekam bakar terlalu banyak,jadi untuk media tanam di pekarangan rumah atau kebun tahap yang kita lakukan yaitu 

  • mencangkul atau menggemburkan tanah media tanam kita hingga gembur
  • Pemberian kapur dolomit/pertanian apabila ada.
  • Membersihkannya dari batu-batu maupun gulma dan sisa sisa akar tanaman lain
  • Membuat drainase atau bedengan apabila musim penghujan antisipasi musim penghujan sering terjadi genangan air.
  • Pemupukan menggunakan pupuk kompos maupun pupuk kandang dicampurkan ke tanah titik -titik lubang yang ingin ditanami bibit cabe

Anda bisa juga menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Npk organik,dan bisa disiramkan ke media tanam,pupuk organik cair dan npk cair berguna mempercepat pembusukan kompos/kandang sehingga tanamanan kita cepat menyerap nutrisi yang ada dalam media tanam.

Proses penanaman cabe rawit di polybag ataupun pekarangan rumah

Pemindahan dilakukan ketika bibit cabe rawit kita berumur 2-3 minggu dan di lakukan pada sore hari,caranya sangat gampang.

Untuk penanaman lanjutan ke polybag yang besar langkah pertama yaitu mengisi polybag maupun pot dengan media tanam yang telah kita siapkan ⅔ bagian.setelah itu memasukan bibit cabe rawit kita ke dalam lubang yang telah kita buat,kaku menutupnya kembali dengan media tanam sampai menutupi semua akarnya,dan padatkan sedikit agar tanaman cabe rawit kita tidak jatuh.

note : Pilihlah polybag atau pot yang lumayan besar yah moms,karena apabila tanaman cabe rawit kita sudah besar kita tinggal menambah media tanamnya lagi sebagai tambahan nutrisi dan menambah area perluasan akar sehingga tumbuh tanaman cabe rawit kita maksimal.

Untuk penanaman di pekarangan rumah,kita masukan bibit tanaman cabe rawit kita ke titik yang telah diberi pupuk kandang/kompos dan membuat lubang agar mudah dalam penanamannya.

Penyiraman

Untuk tanaman cabe rawit kita melakukan penyiraman sekali dalam sehari pada waktu pagi ataupun sore hari.

Pemupukan lanjutan

Admin melakukan pemupukan pada saat 2 minggu pemindahan dari media tanam penyemaian ke media tanam yang besar,admin menggunakan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Npk cair secara bergantian setiap seminggu sekali,dan cara membuat nya sudah ada gampang dan praktis di link ini tutorial.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Pengecekan dan pengontrolan hama dan penyakit

Moms harus selalu mengecek tanaman cabe kita,membersihkan gulma secara rutin minimal 2 minggu sekali,mengecek perkembangan pertumbuhan cabe rawit kita untuk menghindari hama dan penyakit tanaman cabe rawit

Apabila tanaman kita terserang hama perlu dilakukan penyemprotan insektisida maupun pestisida organik,caranya pun cukup gampang anda cuma menyiapkan tembakau,bawang merah,bawang putih,cabe rawit,bebesawa batang sereh dan daun sambiloto.semuanya di blender dan di campurkan dengan air lalu disemprotkan ke tanaman cabe yang terkena penyakit maupun hama serangga. untuk daun sambiloto dimasak terlebih dahulu agar zat pahitnya maksimal,dan air rebusannya bisa menjadi pengecer bahan-bahan lain ketika di blender.

Pemotongan pucuk

Teknik pemotongan pucuk ini sangat efektif loh moms,pemotongan pucuk dilakukan agar percabangan banyak dan berbuah lebat dan banyak disamping itu batang tanaman lombok rawit kita akan kokoh,waktu yang tepat untuk pemotongan pucuk yaitu sekitar 3 minggu setelah dipindahkan ke dalam polybag besar maupun pada pekarangan rumah,dan di lakukan pada saat terik matahari agar bekas potongan cabang tanaman cabe rawit kita cepat tertutup dan kering.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
teknik pemotongan pucuk tanaman cabe rawit

Pemotongan pucuk di atas 6 daun sejati,lebihnya kita potong seperti gambar di atas.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
teknik pemotongan pucuk tanaman cabe rawit

Dan pemotongan pucuk yang kedua dilakukan apabila umur tanaman cabe kita berumur 1 bulan setengah atau perkembangan bunga pertama.agar percabangan pada tanaman cabe rawit kita lebih banyak dan menambah bakalan cabang yang membawa bunga-bunga cabe rawit kita.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
hasil setelah pemotongan pucuk cabe rawit

Pemeliharaan dan merawat tanaman cabe rawit agar berbuah lebat hingga panen

  • Rutin merawat dalam hal pemberian atau penyiraman air yang rutin
  • Pemberian pupuk organik cair dan pupuk Npk organik selang seling setiap minggunya
  • Pemangkasan pucuk pertama dan pemangkasan bunga pertama
  • Kontrol hama dan penyakit 
  • Penambahan media tanam pada saat tanaman sudah besar atau dewasa
  • Panen

Jngan perik yang hijau yah moms,petik yang berwarna merah penuh atau orange juga bisa,apabila moms membeli bibit buah yang berwarna ungu petik yang berwana ungu mengkilap saja.dan buah yang besar atau jumbo dan matang bisa dijadikan pembibitan lagi.

Itulah Tips dan tutorial cara menanam cabe rawit rumahan,Selama ber budidaya moms semoga berhasil…anda akan mendapatkan cabe rawit yang sehat dan terhindar dari zat kimia.

Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik
cabang banyak karena pemotongan pucuk cabe rawit

Tag : cara menanam cabe yang baik,cara menanam.cabe agar supaya berbuah lebat,cara menanam cabe di sawah,cara menanam cabe rawit yang benar,cara menanam,cabe agar cepat berbuah,cara menanam cabe di polibag.

foto di ambil dari video youtube @hijaugarden,@restar RF,@dauntalas chanel

Post a Comment for "Cara menanam cabe rawit agar cepat berbuah di polybag,pot,pekarangan rumah sistem organik"