Cara menanam dan merawat bunga krisan hingga panen,si cantik nan elegan

Cara menanam dan merawat bunga krisan hingga panen,si cantik nan elegan

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
visitmontanejoc.com

Kembali lagi di lautbaca,kali ini admin akan memberikan tips cara menanam bunga krisan,moms jangan bosan-bosan yah untuk membaca 16 Macam bunga cantik untuk dekorasi rumah dan cara menanam bunga nya.Moms wajib membaca artikel ini 16 bunga cantik sebagai dekorasi rumah anda lengkap dengan cara menanam dan merawatnya


Macam Bunga cantik Krisan ini mempunyai nama lain yaitu serunai,bunga ini sangat cocok ditanam di taman bunga pekarangan rumah anda maupun di pot-pot cantik anda,mempunyai berbagai macam warna bunga krisan ini mempunyai bunga yang sangat cantik lol moms,dan ternyata bunga menjadi bunga nasional jepang,bunga ini sama seperti bunga marigold yang bisa diseduh dengan teh akan tetapi bunga ini memberikan aroma yang lebih enak loh,moms pengen coba? yuk kita tanam….

Cara menanam bunga krisan di pekarangan rumah atau di pot

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona


moms bisa baca ini Cara menanam bunga herbras

Persiapan bibit bunga krisan

Anda bisa membeli bibit bunga krisan yang berukuran sedang di toko penjual bibit bunga,atau anda bisa mendapatkan bibit bunga krisan yang tumbuh dekat bunga krisan yang sudah besar,biasanya tanaman bunga krisan yang sudah dewasa banyak dikelilingi oleh tumbuhan bunga krisan kecil,tumbuhan kecil ini menyatu dengan batang dasar atau akar dasar,kita bisa mencabutnya dan memotong nya.untuk dijadikan bibit bunga krisan baru.
Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
bunga kering krisan 

Anda juga bisa menanamnya dengan menggunakan biji bunga krisan yang telah kering akan tetapi banyak proses yang akan dilalui dan membutuhkan waktu yang lama,untuk menanam menggunakan biji kita lakukan tahap penyemaian terlebih dahulu setelah tumbuh tanaman kecil setidaknya 2 sampai 3 daun sejati lalu di pindahkan ke media tanam yang baru.

anda bisa membaca juga Cara menanam macam bunga lavender di pot dan di taman rumah anda

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
biji bunga krisan

Media tanam

Untuk media tanam disini admin menggunakan cocopeat dan dicampur dengan tanah humus,tanah hitam,atau tanah campuran kompos dengan perbandingan 1:1.

1 bagian cocopet dan 1 bagian untuk tanah

Atau kalau tidak ada cocopeat,admin akan memberikan alternatif lain contohnya anda bisa menggunakan sekam dengan campuran tanah dan perbandingannya sama dengan cocopeat,yaitu 1:1

Dan anda bisa memasukkannya ke media tanam pot,polybag atau taman halaman rumah anda,untuk yang ingin menanamnya di taman halaman rumah jangan lupa untuk menggemburkan media tanam kompos yang telah dicampur dengan sekam atau kokoped tadi.

Note: Sebaiknya kita mencampurkan media tanah kita dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 lalu di campurkan dengan cocopeat atau sekam,dan tanaman ini sangat menyukai tanah yang gembur .

Tips cara menanam Bunga Marigold di pot dan di taman rumah,dan 5 manfaat untuk 

tubuh

Cara Menanam bibit bunga krisan

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
bibit bunga krisan dari anakan bunga krisan

Untuk penanaman bibit bunga krisan ini yaitu tahap pertama yang perlu diperhatikan ialah pemisahan bibit tanaman dari media lama,pemisahan ini dilakukan dengan hati-hati yah moms.agar akar halus dari tanaman kita tidak terlalu banyak yang rusak.

Apabila anda menggunakan media tanam pot,isilah setengah media pot dengan tanah kompos yang telah dicampur cocopeat/sekam tadi setengah bagian,lalu memasukan bibit tanaman bunga krisan kita dan menutupnya kembali sampai akarnya tak terlihat,dan dipadatkan sedikit di bagian dekat batang agar bibit bunga krisan kita kita tidak jatuh.

Apabila moms sekalian ingin menanamnya di pekarangan rumah jangan lupa menggemburkan terlebih dahulu lalu membuat lubang kecil dan memperkirakan kedalaman akar bibit tanaman kita,agar akar tanaman kita tertutup semua oleh tanah.

Setelah dilakukan penanaman kita harus mencari tempat teduh terlebih dahulu selama seminggu atau dua minggu agar tanaman bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya,dan akarnya telah mencengkram ke media tanam.untuk yang ditanam di pekarangan rumah kita bisa mencari lokasi yang tidak terlalu lama terkena sinar matahari.atau menggunakan paranet sebagai pelindung dari sinar matahari.

Penyiraman

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
penyiraman bunga krisan
Untuk bunga Krisan ini penyiraman dilakukan 1 kali dalam sehari yaitu sekitar jam 9 pagi atau jam 5 sore,dan penyiramannya jangan terlalu banyak sampai mengakibatkan ada genangan air,karena bunga krisan ini sangat menyukai tanah yang poros dan berongga untuk akarnya bisa bernafas.

Pemupukan lanjutan

Pemupukan dilakukan setelah umur bunga krisan kita telah berumur 14 hari atau lebih terhitung dari pemindahan bibit ke media baru.anda bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk npk organik.berikut cara pembuatan dan pemakaiannya Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Pemupukan bunga krisan dilakukan cuma sekali yah,ingat yah moms cuma sekali ajah.dan menggunakan pupuk Npk kimia dengan takaran 1 sendok makan di bagian pinggir tanaman setelah itu dilakukan penyiraman agar pupuknya dapat larut dengan baik.

Note : kapan dilakukan pemupukan lanjutan apabila cabang cabang yang membawa bakalan bunga sudah muncul jangan terlambat yah moms,jangan dilakukan pemupukan apabila bunganya telah terlihat,pemupukan yang tepat dapat menghasilkan bunga yang sangat banyak dan bergerombol.

Hama bunga krisan

Untuk mengatasi hama pada bunga krisan kita bisa gunakan curacron untuk hama kutu dan ulat maupun serangga lainnya,dan antracol untuk penanggulangan jamur.

Penyinaran Sinar Matahari

Untuk bunga krisan penyinaran matahari harus dijaga karena bunga ini tidak terlalu suka dengan sinar matahari langsung,carilah lokasi dimana sinar matahari tidak terlalu lama,setidaknya 2-3 jam saja terkena sinar matahari pagi atau sore,admin menyarankan lebih baik terkena sinar matahari pagi saja,dan untuk musim penghujan kita bisa memindahkannya di tempat yang tidak terkena air hujan,untuk yang ditanam di pekarangan rumah anda bisa membuat saluran air di sekeliling tanaman agar tanah di sekitar tanaman kita tidak becek,karena yang kita tahu tanaman ini tidak suka dengan tanah yang becek

Pemangkasan bunga krisan yang telah sempurna

Untuk pemangkasan bunga krisan dilakukan setelah bunganya tumbuh mekar sempurna,cara memotongnya di potong sampai ke batang dekat akar,bunga yang telah dipotong anda bisa menyimpannya sebagai hiasan ruang tamu di vas bunga air,atau moms bisa menjualnya atau dijadikan buket bunga.

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
vas bunga potong krisan
Kenapa di potong?Bunga krisan termasuk bunga yang berbunga hanya sekali,setelah berbunga dia akan layu dan mati,maka dari itu dengan cara pemangkasan bunga indukan tunas tunas yang baru yang ada di batang akar indukan bisa tumbuh dengan subur dan membentuk tanaman bunga krisan baru.

Cara menanam bunga krisan,bunga yang cantik nan mempesona
buket bunga krisan

Bunga yang telah layu dan kering bisa kita gunakan lagi sebagai bibit baru untuk bunga krisan ini.

Adapun pertanyaan moms yang sering ditanyakan yaitu :

-Bunga krisan sebaiknya ditaruh dimana?

Bunga krisan sebaiknya di taruh di tempat yang cukup teduh,dan terkena matahari tidak langsung atau semi outdoor.

-Berapa lama usia bunga krisan?

Umur tanaman bunga krisan biasanya antara 3 sampai 4 bulan,atau ketika bunga krisan telah di fase pertumbuhan bunga sempurna dan ia akan laku setelah itu itu.

-Kenapa bunga krisan cepat mati?

Bunga krisan tergolong bunga yang cuma 1 kali berbunga dalam hidupnya,jadi kita bisa menggunakan akan anak nya sebagai pengganti tanaman bunga krisan  kita,atau bisa menggunakan biji dari bunga krisan kita.

-Apakah biji bunga krisan bisa ditanam?

Biji bunga krisan sudah pasti bisa ditanam dan bisa tumbuh menjadi calon bunga baru,akan tetapi membutuhkan waktu yang agak lama.

-Apakah bunga krisan tahan lama?

Umur bunga krisan sangatlah pendek akan tetapi bunga ini sangat gampang untuk di perbanyak sehingga kita bisa menikmati keindahan bunga krisan kita lagi.

-Apakah bunga krisan tahan sinar matahari?

Bunga krisan tidak terlalu suka dengan matahari,banyak kejadian florist yang menanamnya di area terbuka mengalami kematian pada tanamanya,apalagi pada musim kemarau.

Bunga krisan ini banyak digunakan sebagai bunga hias potong dan buket bunga jika anda bisa merawatnya dengan baik dan memperbanyaknya anda bisa mendapatkan pundi pundi uang dari hobi anda,Semoga artikel ini membantu yah moms.terima kasih.



Post a Comment for "Cara menanam dan merawat bunga krisan hingga panen,si cantik nan elegan"