Cara menanam tomat organik di lahan yang sempit maupun di polybag - pot

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot

Hello moms kembali admin akan membahas soal menanam buah tomat,atau sayur tomat,bagaimana sih cara menanam tomat agar berbuah lebat di pekarangan rumah atau di pot maupun di polybag bagi pemula,sebenarnya banyak teknik bisa dilakukan dalam tata cara menanam tomat yaitu dengan cara organik maupun aquaponik dan hidroponik,anda juga bisa menanamnya di green house dan kebun kecil di belakang rumah,tomat atau tomato ini mempunyai 22 jenis tetapi yang sangat populer di indonesia ada beberapa jenis yaitu tomat roma,ceri/ranti atau cherry,bistik,krismil,keriting,rampai dan tomat pusaka.adapun tomat yang bisa dijadikan tanaman hias adalah tomat robin karena pohon atau batangnya pendek dan bagus di tanam di pot cantik moms,unik kan moms.

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot

Tomat sendiri sangat lah penting dalam bagi kehidupan sehari-hari karena merupakan salah satu penyumbang vitamin C yang tinggi loh moms dan mempunyai banyak vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh.buah yang berbentuk mirip apel ini sangat lah segar untuk dinikmati sebagai jus maupun dibuat sayur dan campuran cabe sambal.di belahan dunia manapun pasti selalu ada tomat yang menjadi bahan pelengkap untuk masakannya mulai dari negeri jepang,inggris, dan ala italia dll

Agar sukses dalam menanam atau budidaya tomat dengan benar kita perlu memperhatikan cara perawatan dan pemeliharaannya berikut admin akan mengupas

tutorial  cara merawat tanaman tomat yang baik dan benar

Persiapan bibit atau benih dari buah tomat 

Persiapan benih tomat ini cukup mudah bisa menggunakan tanaman buah tomat ini sebagai bibit kita dan caranya pun sangat sederhana .Langkah yang pertama dalam pembibitan tomat yaitu.

Pilihlah buah tomat yang akan dijadikan bibit berasal dari buah tomat yang berwarna merah atau red dan terasa empuk,atau anda bisa membeli bibit unggul di toko-toko pertanian yang ada di kota anda.


Untuk bibit dari buah tomat potonglah buah tomat secara vertikal setipis mungkin menjadi beberapa potong atau bagian.

Persiapan Media tanam semai

Untuk persiapan media tanam pada tanaman tomat  kita membutuhkan media tanam yang subur atau kaya dengan unsur hara,untuk membuatnya bisa pertama-tama siapkan media tanam berupa polybag kecil,pot maupun ember bekas atau yang lebih gampang  bisa pakai botol atau gelas bekas aqua,dan jangan lupa di buat beberapa lubang di bagian bawahnya sebagai tempat keluarnya air berlebih pada saat penyiraman melalui lubang tersebut.

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
media tanam tomat dari gelas air mineral bekas

Note : Untuk yang menggunakan botol bekas atau gelas air mineral bekas isi media tanam 2/3 bagian saja.biar ada ruang untuk tumbuh bibit tomat kita.

Untuk media tanam admin disini menggunakan tanah humus dan pupuk kandang/pupuk kompos dengan campuran atau perbandingan 1:1 bagian lalu di isi ke media tanam yang telah kita siapkan.

Penanaman bibit tomat

Untuk penanaman bibit tomat di media tanam semai pun sangat mudah,kita tinggal meletakkan langsung potongan tomat kita di media tanam,moms tidak perlu memisahkan bijinya dari daging buah,agar supaya daging buahnya nantinya berguna sebagai pupuk juga.

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
media tanam semai buah tomat

Setelah meletakkan potongan tomat ke media tanam kita jangan lupa menutupnya kembali dengan media tanam yang telah kita buat tadi.

Lalu basahi media tanam menggunakan air sampai seluruh media tanamnya basah atau jenuh air,setelah itu tutup dengan kantong plastik atau kresek agar bibit kita terhindar dari serangga atau hama yang mengganggu,dan disimpan di tempat yang teduh dan sejuk.dan disimpan selama min seminggu ataupun lebih.

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
bibit tomat umur 1 minngu lebih di media tanam semai

Media Tanam Lanjutan

Untuk Media tanam lanjutan admin masih tetap setia menggunakan media tanam campuran tanah dan pupuk kandang maupun pupuk kompos karena admin disini menggunakan sistem organik yang bebas kimia.campuran media tanam tomat ini perbandingannya sama dengan media tanam semai,yaitu 1 :1 tanah humus dan kompos/kandang.

Setelah pencampuran media tanam rata lalu kita memasukkannya ke Pot atau polybag yang sedang maupun besar.

Untuk penanaman di ladang atau pekarangan rumah kita harus melakukan penggemburan tanah terlebih dahulu,penanaman di pekarangan atau di ladang sebaiknya menggunakan mulsa untuk menjaga kelembapan,karena kontrol kelembaban tanah tanaman tomat dengan skala besar akan merepotkan anda.

Pemindahan/Penanaman ke Media tanam pembesaran

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
tanaman tomat umur 10 hari

Untuk media tanam pembesaran dan perawatannya moms bisa menggunakan polybag maupun pot yang agak besar,apabila moms ingin menanam di kebun atau di ladang sebaiknya menunggu sekitar 10 hari lebih agar tanaman bisa lebih kuat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot
pemindahan media tanam pembesaran

Pemindahan bibit tomat di lakukan dengan hati-hati karena batang atau pohon tanaman masih rapuh,dan tidak disarankan untuk mencabutnya langsung tanpa media tanam,lebih baik moms mencongkel menggunakan sendok agar akar tanaman tomak kita tidak ada yang rusak dan mampu meningkatkan tingkat keberhasilan dalam penanaman tomat ini.

Pindahkan 1 pohon tanaman ke 1 pot/polybag yah moms agar pertumbuhan tanaman kita maksimal,buatlah lubang kecil di media tanam lanjutan yang telah kita siapkan lalu tanam bibit kita secara perlahan lalu di tekan sedikit pada bagian akar tanaman agar tanaman tidak jatuh.

Sebelum penanaman di media tanam kebun atau ladang terlebih dahulu kita memberikan pupuk kandang di titik yang akan ditanami bibit kita,setelah itu baru di bisa di tanami.dan berikan jarak 25 cm pertanaman.

Penyiraman tanaman tomat

Untuk penyiraman terbaik tanaman tomat dilakukan pada pagi dan sore hari karena tanaman tomat sangat membutuhkan air,akan tetapi tidak berlebihan apalagi di musim hujan,di musim penghujan penyiraman dilakukan sekali saja,apabila tanahnya masih basah tidak usah dilakukan penyiraman.

Pemupukan tanaman tomat


Pemupukan pada tanaman tomat sangatlah penting,karena dapat mempercepat pertumbuhan tanamannya,dan agar tumbuh cepat bakal buah.

Untuk pupuk tanaman tomat karena admin menggunakan sistem penanaman secara organik,admin disini menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Npk organik.pemupukan lanjutan dilakukan pada saat tanaman tomat ita sudah berumur 3 minggu yah moms.admin telah membuat artikel cara membuat pupuk organik cair dan pemakaiannya.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Note : Anda bisa juga menggunakan Cangkang telur ayam yang di haluskan lalu di berikan di atas media tanam  pada saat tanaman tomat kita berumur 3 minggu

Sinar matahari 

Untuk awal pertumbuhan tomat simpanlah atau letakkan lah media tanam yang berupa polybag atau pot tanaman tomat kita yang baru saja di tanam di tempat teduh,atau yang sedikit terkena matahari langsung,moms jangan menyimpannya di area terbuka dulu,karena dapat mengakibatkan tanaman kita mati.apabila tanaman tomat kita sudah lumayan besar barulah kita memindahkannya ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk penanaman di ladang moms bisa melindungi tanaman tomat kita  dengan paranet atau potongan pelepah pisang.potongan pelepah pisang dibuat seperti segitiga lalu di tancapkan di antara bibit tanaman tomat kita.

Penanggulangan Hama/Pestisida

Ya sebenarnya moms bisa saja menggunakan pestisida kimia yang banyak dijual di toko-toko pertanian di sekitar atau yang berada di kota anda maupun di toko online,akan tetapi admin menyarankan menggunakan pestisida organik yang berasal dari bahan-bahan alami berupa tembakau dan sirih.karena kalau di lihat dari sisi ekonomi bahan-bahan tersebut mudah didapatkan dan biayanya terjangkau atau gratis,dan untuk sisi kesehatan pestisida organik tidak tahan lama pada tanaman jadi aman dikonsumsi untuk kita.

caranya pun cukup mudah bahan yang pertama kita siapkan yaitu kita tinggal memblender daun sirih dan daun tembakau lalu dilarutkan kedalam air yang telah diberi segenggam garam krosok dan di semprotkan pada tanaman tomat kita menggunakan penyemprot tanaman,moms bisa juga menganti tembakau dengan daun sirsak,bawang putih,sereh wangi atau apa saja yang berkhasiat sebagai pestisida.

Penyemprotan pestisida organik dilakukan 1 kali dalam 1 atau 2 minggu

Note : Apabila tanaman tomat kita ternyata telah terjangkit hama maka penyemprotan pestisida organik dilakukan setiap 2 hari sekali pada saat sore hari.jangan di lakukan penyemprotan pestisida ini pada sore hari ataupun pada saat mau hujan.

Pemangkasan

Untuk meningkatkan hasil produksi tanaman tomat maka kita melakukan pemotongan cabang-cabang yang tidak potensi berbuah dan cabang-cabang yang sudah terlihat layu,biasanya cabang-cabang ini berada di batang tanaman bagian bawah. cabang-cabang bagian bawah yang mempunyai tunas-tunas baru yang dekat dari tanah tidak menghasilkan kualitas tomat yang baik karena jarak antara tanah terlalu dekat.jadi potonglah tunas tunas dari batang dasar sampai ke batang cabang yang berbentuk huruf "y"

Anda juga bisa menggunakan teknik penanaman pot gantung yang terbalik,admin akan menulisnya di artikel selanjutnya yah moms,mungkin itu saja yang admin bisa bagi mengenai Cara menanam tomat dengan sistem organik di lahan yang sempit maupun di polybag dan di pot,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk moms sekalian.

Tag : cara menanam tomat di polybag,cara menanam tomat dari biji,cara menanam tomat agar cepat berbuah,cara menanam tomat yang baik dan benar.

photo :  video akun youtube @sunda berkarya



















Post a Comment for "Cara menanam tomat organik di lahan yang sempit maupun di polybag - pot"