Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula

Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula

Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula
Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula

Bunga Mawar,mom pastinya sudah kenalkan dengan bunga ini,bunga yang cantik ini merupakan bunga yang mempunyai biji penghasil minyak,bunga ini tumbuh subur di wilayah tropis dan sub tropis,dan indonesia adalah negara yang beriklim tropis,jadi bunga ini cocok sekali buat moms yang ingin mempercantik taman pekarangan rumah anda dan bunga ini bisa juga ditanam pot loh moms.pengen tau cara menanam bunga matahari yuk kita lanjut.

Moms wajib membaca artikel ini 16 bunga cantik sebagai dekorasi rumah anda lengkap dengan cara menanam dan merawatnya


Semua bagian bunga ini ternyata mempunyai manfaat loh,makanya bunga ini sering dibudidayakan oleh para petani indonesia,dan sekaligus dijadikan objek wisata,bunga ini terkenal penghasil minyak tumbuhan,untuk daun dan batangnya biasa digunakan sebagai kompos ataupun makanan sapi atau kambing.

Tips cara menanam bunga matahari

Bibit bunga matahari

Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula
bibit bunga matahari

Untuk penanaman bibit bunga matahari kita terlebih dahulu membeli bibit bunga matahari di toko bibit bunga atau moms bisa membelinya di toko online yang terpercaya,pilihlah bibit bunga matahari varietas unggul,biasanya bibit bunga matahari varietas unggul agak lebih mahal akan tetapi kualitasnya sangat memuaskan.

baca juga artikel ini Cara menanam dan merawat bunga krisan hingga panen


Media Penyemaian bibit bunga matahari dan cara penanaman awal


Untuk media tanam biji bunga matahari moms bisa menggunakan tanah humus dan dicampur dengan pupuk kompos,mom bisa menggunakan box atau pot kecil.

Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula
media tanam bunga matahari

Untuk penanaman awal biji bunga matahari ditanam bagian runcingnya menghadap ke bawah lalu ditekan sedikit masuk ke dalam tanah,lalu disiram hingga media tanam kita basah lalu diletakkan pada tempat yang teduh.


Media tanam lanjutan dan penanaman media tanam yang baru


Setelah sekitar 3 minggu kita bisa memindahkannya taman terbuka maupun di pot cantik anda,untuk media tanamnya sangat mudah didapatkan karena untuk media tanam bunga matahari ini cukup menggunakan 2 bahan saja,yaitu tanah humus dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 bagian pupuk kompos dan 1 bagian tanah humus,atau tanah hitam.

Setelah itu tahap selanjutnya yaitu memilih bibit bunga matahari yang pertumbuhannya bagus dan sehat,jangan mengambil bibit tanaman yang layu atau kerdil yah moms,biar bunga yang kita tanam nantinya dapat berbunga lebih maksimal.

Setelah itu lakukan pemindahan bibit bunga matahari yang sehat ke media tanam yang baru,caranya pun cukup gampang akan tetapi moms harus hati hati saat pengambilan bibit tanaman kita,jangan sampai akar bunga matahari kita akarnya terputus.

Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula
Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula


Pemindahan bibit bunga matahari sama seperti cara pemindahan bunga pada umumnya

Yaitu mengisi media tanam pot ⅔ bagian,lalu masukkan bibit kita,dan menambahkan media tanam sampai menutupi semua akar bibit bunga matahari kita,dan memadatkan media tanam dengan lembut.agar tanaman tegak dan tidak ambruk.dan penambahan seperti jerami kering di permukaan media tanam agar kelembaban media tanam terjaga.

Note: Untuk penanaman menggunakan pot cukup moms mengisinya dengan 2 tanaman agar pertumbuhannya bisa maksimal.sama halnya di media tanam di taman pekarangan rumah dan diberi jarak 20 cm per tanaman.

Penyiraman bunga matahari

Dalam penyiraman bunga matahari kita melakukannya setiap hari pagi dan sore yah mom,karena bunga matahari ini sangat membutuhkan air apalagi kita berada di iklim tropis,akan tetapi penyiraman disini tidaklah berlebihan.

Apabila di musim penghujan moms bisa menyiram pot nya sekali saja,dan untuk di taman usahan membuat saluran air di sekitar media tanam agar tidak tergenang.

Pemupukan

Untuk pemupukan dengan menggunakan pupuk cair anda bisa memberikannya seminggu sekali.

Ketika tanaman berusia 5 s/d 6 minggu barulah kita masuk ke tahap pemupukan,untuk pemupukan anda bisa menggunakan pupuk organik cair maupun pupuk Npk Cair.dan cara pembuatan dan pemakaiannya cukup gampang,anda bisa lihat di sini.


Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman


Pemupukan pada bulan kedua anda bisa menggunakan pecahan cangkang telur yang sudah dihaluskan.

Untuk penanaman di pot biasanya media tanam mengalami penyusutan,kita bisa menambahkannya lagi dengan campuran tanah dan pupuk kompos.

Note : pemberiaan pupuk menggunakan pupuk Npk bisa dilarutkan ke dalam air


Penyinaran sinar matahari


Dari namanya saja kita sudah mengatahui dengan jelas,bahwa bunga ini sangat suka dengan sinar matahari,bunga ini mengikuti kemana arah sinar matahari loh moms,jadi pastikan bunga cantik ini harus terkena sinar matahari langsung,atau area yang terbuka.

Pemangkasan

Pemangkasan daun pada bunga matahari bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pada tanaman bunga matahari kita,jadi moms apabila melihat daun daun yang mulai menguning sebaiknya mom memotongnya,agar tanaman kita bisa membuat daun daun yang baru.


Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula
panen biji bunga matahari

Pada Tanaman berumur 3 bulan lebih bunga matahari kita bunganya telah mekar dengan sempurna dan sangat cantik.dan pada bulan ke 4 sudah terlihat pembentukan biji bunga matahari.dan ketika bunga matahari kita sudah turun atau menunduk dan kelopak bunganya sudah berguguran semua,itu tandanya bunga matahari kita siap dipanen moms,biasanya bunga yang baik dijadikan benih itu berada di bagian pinggir bunga dan mempunyai ukuran yang lebih besar dari teman-temannya.hehehe.

Apabila anda ingin menjadikan biji bunga matahari yang sudah di panen terlebih dahulu dikeringkan akan tetapi tidak terkena sinar matahari ansung,cukup di angin-anginkan saja dan simpat di tempat kering.





Post a Comment for "Tips cara menanam bunga matahari pot dan di halaman rumah cocok untuk pemula"