TIPS MENANAM BUNGA MELATI DI POT MAUPUN DI PEKARANGAN RUMAH

Tips menanam bunga melati di pot maupun di pekarangan rumah ternyata sangat gampang loh...!!!

Tips menanam bunga melati di pot maupun di pekarangan rumah.ternyata sangat mudah
Pixabay.com

Bunga melati ini merupakan bunga yang indah loh dan mempunyai aroma khas yang sangat wanginya semerbak, di tambah mempunyai banyak manfaat antara lain bisa dicampur dengan teh ataupun minuman herbal lainnya dan bisa juga dijadikan hiasan pada mempelai wanita suku jawa dan sunda di Mari kita langsung saja membahas tips bagaimana cara menanam bunga Melati di pot atau di pekarangan rumah yah.
Moms wajib membaca artikel ini 16 bunga cantik sebagai dekorasi rumah anda lengkap dengan cara menanam dan merawatnya

Jadi yang pertama yang kita butuhkan untuk menanam bunga Melati yang wanginya semerbak  ini yaitu 

Siapkan Media Tanam

-Gemburkanlah lahan yang ingin dijadikan media tanam bunga melati ini dengan menggunakan cangkul atau sekop kecil dan mencampurnya dengan pasir dengan perbandingan 1:1.

-Campuran Media tanam tadi dengan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 2 kg,atau perbandingan 1:1,apabila anda ingin menggunakan pupuk buatan moms bisa menggunakan pupuk kN – P205 – K2o dengan takaran 240 gr per batang tanaman.

-Apabila menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang bisa dicampur dengan larutan EM 4 pertanian 2 tutup botol dan campurkan ke air 2 timba dan siram ke pupuk kompos atau pupuk kandang tadi EM 4 pertanian berfungsi sebagai penambahan mikroorganisme baik agar media tanam kita tumbuh subur,kelebihan dari pupuk kompos yaitu ramah terhadap lingkungan dan dapat “menyehatkan tanah”media tanam kita.

moms baca juga artikel ini tips cara menanam bunga mawar

Pemilihan Tangkai Bibit

TIPS MENANAM BUNGA MELATI DI POT MAUPUN DI PEKARANGAN RUMAH
kndgroup.co.id

-Apabila moms mempunyai tetangga yang baik hati dan bersedia memberikan tangkai bunga melatinya hehehe,gratis is the best la.maka pilihlah tangkai yang berukuran sedang ,potong tangkai tersebut sejangang 10 cm sampai 15 cm,apabila tidak ada moms bisa membelinya di toko toko bunga yang ada di kota anda,pilihlah batang yang sudah bertunas.

-Jika moms mendapatkan batang yang baru dipotong tahap selanjutnya yaitu menyiapkan polybag yang berukuran kecil maupun sedang lalu diisi dengan tanah dan campuran pasir lalu benamkanlah batang bunga melati tadi dengan kedalaman 5 cm,setelah itu batang tadi ditutup dengan plastik  transparan agar kedap udara,kedap udara berguna untuk meminimalisir penyakit dan hama.

-Lakukan penyiraman secukupnya 1 s/d 2 kali sehari,Setelah terlihat bakal tunasnya di beberapa pekan barulah kita memindahkan ke Pot atau media tanam yang ada di pekarangan rumah anda.

TIPS MENANAM BUNGA MELATI DI POT MAUPUN DI PEKARANGAN RUMAH
Freepik.com

baca juga 10 jenis anggrek cantik dan cara menanamnya

Penanaman Bunga Melati

Tancapkan secara perlahan Batang tunas bunga melati yang telah tumbuh di beberapa minggu,maupun Batang tunas  yang telah moms beli agar tidak merusak akar dari tanaman kita,apabila anda menanam di pot berikanlah pecahan batu bata atau genteng pada bagian dasar pot sebagai rongga pernapasan pada akar bunga melati kita,untuk yang ditanam di pekarangan rumah tidak perlu,cukup memberikan  jarak tanam 20 cm dari tanaman satu ke tanaman lainnya.

Pemeliharaan dan Penyiraman

Tanaman Tropis ini membutuhkan Matahari yang cukup sehingga membutuhkan matahari minimal 3 s/d 4 jam dalam sehari.

Sedangkan untuk penyiramannya lakukanlah 2 kali sehari di waktu pagi dan sore,penyiraman ini di berikan secukupnya dengan membasahi semua bagian tanaman dan media tanam,penyiramannya jangan sampai menyebabkan air tergenang dan jangan juga terlalu sedikit yah moms…

Pemupukan Lanjutan

Lakukan Pemupukan lanjutan ketika tanaman berumur 1 bulan dihitung mulai penanaman di pot atau di media tanam pekarangan rumah.pemberian pupuk bisa menggunakan pupuk kandang,kompos maupun buatan di sekeliling akar tanaman.dengan takaran 240 gram per tanaman.

Moms bisa juga menggunakan pupuk organik loh,pupuk ini mempunyai banyak manfaat nih linknya Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman si artikel ini lengkap cara pengunaanya yah.

Jika moms merawatnya dengan sepenuh hati maka bunga yang kita rawat akan memberikan hasil yang sangat memuaskan terimakasih.







Post a Comment for "TIPS MENANAM BUNGA MELATI DI POT MAUPUN DI PEKARANGAN RUMAH"