bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia

bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia?

bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia


Pada tahun 1969 Negara Malaysia menyatakan bahwa luas wilayah perairan yang diklaim sebagai wilayah perairan milik malaysia menjadi 12 mil laut menurut dari garis dasar sesuai dalam Konvensi Jenewa 1958. akan tetapi Indonesia sebenarnya terlebih dahulu telah menetapkan batas-batas wilayahnya sejauh 12 mil laut dari garis dasar termasuk Selat Malaka. Hal ini menyebabkan bersitegang antara dua negara perihal batas laut wilayah mereka di bagian Selat Malaka yang kurang dari 24 mil laut.

Jelaskan masalah sengketa perbatasan wilayah indonesia dengan malaysia ?

Masalah ini terjadi karena tidak ada suatu  kejelasan batas wilayah sebuah negara antara negara lainnya sehingga kedua negara tersebut akan mengklaim wilayah perbatasan tertentu.

contoh :

Tahun 1976 Malaysia dan Indonesia yang sedang memperebutkan pulau sipadan dan ligitan dan ditetapkan oleh MI pada tahun 2003 perkara ini  dimenangkan oleh negara malaysia, begitu pula pada perbatasan kashmir yang diperebutkan oleh Pakistan dan India.

Mengapa terjadi sengketa batas wilayah antara Malaysia dan Indonesia ?

Jawaban: Masalah perbatasan wilayah ini terjadi  karena tidak ada sebuah kejelasan batas wilayah yang mengikat dalam satu negara dengan negara tetangganya yang membuat  masing-masing negara akan menganggap dan mengklaim wilayah perbatasan tersebut.

Bagaimana kita menyikapi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia?

Dalam Masalah Sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia ini Penyelesaian Nya bisa berbentuk Negosiasi,sengketa yang dianggap akurat dalam masalah batas laut antara Malaysia dan Indonesia  yaitu  negosiasi  antar negara yang disaksikan beberapa perserikatan negara negara,dan jika tahan  negosiasi tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dengan membawa masalah sengketa tersebut ke Mahkamah Hukum Laut Internasional.

Apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah Indonesia dan Malaysia?

a. Penyebab terjadinya sengketa batas wilayah malaysia dan indonesia dikarenakan adanya perbedaan konsep dalam menentukan batas laut antara Indonesia dan Malaysia

b. Inkonsistensi Malaysia terhadap KHL 1982; c. Kurangnya perhatian Pemerintah Indonesia terhadap batas laut dan pulau-pulau kecil khususnya yang terletak pada wilayah perbatasan.

Jelaskan cara penyelesaian 3 contoh kasus sengketa perbatasan yang pernah terjadi antara Indonesia dengan negara lain​

Cara penyelesaian kasus sengketa perbatasan yang pernah terjadi antara Indonesia dengan negara lain yaitu :

Negosiasi, yaitu cara menyelesaikan sengketa yang paling sering digunakan. penanganan masalah sengketa yang diselesaikan melalui cara ini tanpa dipublikasikan ke publik agar para pihak dapat mengawasi prosedur penyelesaian sengketanya dan setiap penyelesaian didasarkan kesepakatan atau konsensus bersama atau kedua belah pihak.

Mediasi, yaitu cara atau metode penyelesaian sengketa menggunakan pihak ketiga seperti mediator. Mediator berupa organisasi internasional atau perserikatan bangsa - bangsa dalam ikut serta secara aktif di setiap proses negosiasi dengan mempunyai  kapasitas sebagai pihak yang  tanpa memihak siapapun agar dapat  mendamaikan kedua belah pihak dengan memberikan masukan atau saran dalam penyelesaian sengketa.

Pengadilan Internasional, yaitu penyelesaian sengketa melalui jaur hukum atau pengadilan internasional. Cara ini ditempuh apabila ke dua cara penyelesaian di atas tidak mendapatkan hasil penyelesaian atau jalan buntu. Pengadilan dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu pengadilan permanen (Internasional Court of Justice) dan pengadilan ad hoc atau pengadilan khusus.

Contoh Penyelesaian sengketa Blok Ambalat Antara Indonesia dengan Malaysia.

Penyelesaian tentang klaim Malaysia dalam sengketa Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia menurut Hukum Laut Internasional yaitu dengan memberikan kebebasan bagi kedua negara untuk memilih prosedur yang diinginkan sepanjang kesepakatan itu  disepakati bersama. Dalam piagam PBB Pasal 33 (1) menyatakan bahwa jika terjadi sengketa atau masalah antara kedua negara perlunya diselesaikan dengan menggunakan metode negotiation, enquiry, mediation, conciliation, arbitration, judicial settlement resort to regional agencies or arrangements or other peaceful means on their own choice.

Malaysia dan Indonesia sepakat untuk menggunakan jalur negotiation atau perundingan secara diplomasi sebagai langkah untuk menyelesaikan persengketaan antara kedua belah pihak. Hal ini terbukti dari pertemuan-pertemuan yang sudah dilalui oleh perwakilan antara  kedua negara. Penyelesaian sengketa kasus batas laut bisa dilakukan dengan cara atau metode  negosiasi atau Mediasi dengan bantuan pihak ketiga.

Agama

Bagaimana cara menanamkan akhlak yang baik di era milenial kepada anak?

Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Bagaimanakah islam mengajarkan kepada umatnya dalam berakidah ? jawabannya

Bagaimana Cara Mendidik Anak Perempuan


IPA

Apa Dampak yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar 

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

apa yang kamu ketahui tentang cara menanam sistem hidroponik?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar 

media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?

budidaya berpangkal pada cultivation yaitu,pengertian budidaya berpangkal pada cultivation

Apa keuntungan yang didapat dari budi daya satwa harapan?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar ?

Sebutkan cara cara unta untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan gurun pasirnya ?

Fotosintesis tercantum biotik bagaimana metode kerjanya?


IPS

Apa cabang ilmu sains yang bj habibie geluti? kunci jawaban dari pertanyaan IPA 

Apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi?

bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia

bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara

Bagaimanakah sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan jepang

Bagaimana suasana pembentukan BPUPKI ? Jawabannya

 Mengapa diperlukan analisis kewilayahan jawabannya adalah 

Sebagai seorang pemimpin, bagaimanakah anda dapat memajukan negara?​

 Bagaimanakah biodiversiti dapat menjana ekonomi​

bagaimana biosolar b30 dibuat :Mengenal Biosolar, Potensi Sumber Energi Alternatif Masa Depan



Jawaban-jawaban atas pertanyaan yang menyangkut tentang sengketa malaysia-indonesia semoga bermanfaat untuk kalian semuanya terima kasih.

Post a Comment for "bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia"