Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?
Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Pertanyaan IPS sekolah menengah pertama,admin akan memberikan referensi buat adik adik dari pertanyaan Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran agama islam berlangsung,simak penjelasan dibawah ini.

Pengaruh Agama Islam yang hendaknya mulai masuk ke nusantara  sejak awal abad ke 7 Masehi kemudian membuat banyak perubahan yang cukup signifikan  bagi kehidupan dan budaya  para penduduk pribumi nusantara yang sekarang dikenal Bangsa Indonesia di masa lalu. Dalam pelayaran dan penyebarannya sampai menyebar ke seluruh wilayah Nusantara, pada kala itu ada  jalur-jalur yang selalu di lalui seiring dengan peta perdagangan dan pelayaran yang disinggahi  oleh para saudagar muslim dari daerah Arab dan persia. akses jalur penyebaran Islam ini sangat luas dan cepat.


Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?
Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?


Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

1. Penyebaran Islam Masuk ke Aceh Utara dan Malaka

Para Saudagar muslim pertama kali menginjakan kakinya di bagian pesisir Aceh Utara yang wilayah tersebut dikuasai oleh Kerajaan Samudera Pasai sejak abad ke 7 Masehi. pada saat itu  pengaruh ajaran islam mulai dirasakan dan mulai tumbuh ketika pada tahun 1285 Pada saat tahun 1285  Samudera Pasai merupakan salah satu  pusat perdagangan di wilayah bagian Semenanjung Asia Tenggara.

Samudera Pasai pada saat itu bahkan sudah merupakan sebuah kerajaan yang mempunyai budaya islam yang kental perkembangan ajaran  Islam yang cukup besar,di sisi lain  Pelabuhan Malaka  telah mulai merasakan pengaruh Islam yang cukup besar akibat banyaknya pengunjung atau saudagar muslim yang berlabuh di pelabuhan Malaka. 

2. Penyebaran Islam  Ke Jawa, Sumatera, dan Kalimantan Barat

Setelah penyebaran ajaran Islam di Samudera Pasai dan Malaka, lalu ajaran Islam mulai menyebar ke beberapa pulau  lain yang ada di  Indoneia dengan seiring jberkembangnya jalur pelayaran dan perdagangan pada saat itu. Sesuai dengan peta penyebaran Islam di Indonesia di atas, wilayah wilayah Pesisir Utara Jawa, Pantai Timur Sumatera, dan Kalimantan bagian Barat telah mendapatkan budaya Islam sejak abad ke 14,dan pada saat itu pengaruh kerajaan Majapahit telah memudar,dan akhirnya meningkatnya pengaruh islam di daerah jawa dan kalimantan.

Di Pulau Jawa, tempat tempat yang dimana mempunyai  pelabuhan yaitu  Gresik, Tuban, Surabaya, Jepara, Demak, Banten, dan Cirebon telah berubah menjadi titik titik pusat penyebaran agama Islam yang dilakukan para pedagang dan saudagar dari arab dan turki. Beberapa wilayah tersebut banyak yang telah beralih menjadi sebuah kerajaan Islam atau kesultanan yang sangat kuat serta berpengaruh.

3. Penyebaran Ke Pesisir Barat Sumatera

Pada saat jatuhnya kerajaan  Malaka oleh para  Portugis di tahun 1511, para pedagang islam yang hendaknya  selalu berlabuh di pelabuhan di Malaka untuk menuju perjalanan ke pulau Jawa yang melewati  jalur pantai Timur Sumatera,telah mengubah atau mengalihkan  jalur perdagangannya menggunakan  jalur Pantai Barat Sumatera,yang  menyeberang ke Selat Sunda, setelah itu akhirnya sampai di pesisir Utara Jawa. Pada saat  itu, Kota Padang dan Bengkulu telah mulai menerima pengaruh Islam, utamanya dari para pedagang Muslim yang berasal dari daerah Persia.

4.Penyebaran  Dari Jawa ke Kalimantan Selatan, Sulawesi, Maluku

\Pengaruh Ajaran  Islam di sekitar Pesisir Utara Jawa mengalami peningkatan  yang yang cukup pesat pada sekitar abad ke 15. Hal tersebut  dikarenakan karena  didukung oleh telah runtuhnya kerajaan Majapahit dan berdirinya Kesultanan Demak yang menjadi kerajaan Islam pertama di tanah Jawa.

Daerah Demak telah menjadi titik pusat penyebaran agama Islam pada saat  itu. karena Kesultanan demak merupakan titik pusat ajaran Islam Banyak orang yang berasal dari pulau lain yang sangat tertarik dan ingin mendalami ajaran Islam,karena di demak banyak didirikan pondok pesantren  untuk memperdalam ajaran islam.

Dari Maluku (Ternate dan Tidore), Sulawesi (Makassar dan Gowa,bone), dan Kalimantan Selatan (Banjar) yang sangat tertarik  dengan ajaran Islam, dan orang orang dari pulau lain ini mulai menimba ilmu di pesantren-pesantren Demak. setelah telah belajar cukup banyak dan menyelesaikan pendidikannya, orang-orang ini akan kembali ke wilayah masing-masing untuk mengulang kembali apa yang diajarkan di pesantren demak mereka mengajarkan pemahaman Islam melalui dakwah-dakwah yang masif.

5. Syiar Islam di Abad ke 16

Pada abad ke 16, di Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan mulai berdiri kerajaan-kerajaan kecil yang mempunyai corak budaya ajaran Islam seperti, Kesultanan Gowa dan Tallo, Kesultanan Makassar,  Kesultanan Ternate-Tidore dan Kesultanan Banjar.

Dengan adanya Kesultanan yang bercorak budaya ajaran Islam ini lah yang sangat  membantu meningkatkan penyebaran ajaran Islam di daerah Nusantara.seperti  Kesultanan yang ada di pulau sulawesi yaitu Makassar dan Gowa Tallo yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah Nusa Tenggara dan Kalimantan Timur,, Kesultanan Ternate Tidore menyebarkan Islam ke wilayah sekitar Maluku Papua dan Sulawesi Utara,dan di kesultanan Banjar menyebarkan pengaruh ajaran Islam di pedalaman pulau Kalimantan.

baca juga

Agama

Bagaimana cara menanamkan akhlak yang baik di era milenial kepada anak?

Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Bagaimanakah islam mengajarkan kepada umatnya dalam berakidah ? jawabannya

Bagaimana Cara Mendidik Anak Perempuan

IPA

Apa Dampak yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar 

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

apa yang kamu ketahui tentang cara menanam sistem hidroponik?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar 

media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?

budidaya berpangkal pada cultivation yaitu,pengertian budidaya berpangkal pada cultivation

Apa keuntungan yang didapat dari budi daya satwa harapan?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar ?

Sebutkan cara cara unta untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan gurun pasirnya ?

Fotosintesis tercantum biotik bagaimana metode kerjanya?

IPS

Apa cabang ilmu sains yang bj habibie geluti? kunci jawaban dari pertanyaan IPA 

Apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi?

bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia

bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara

Bagaimanakah sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan jepang

Bagaimana suasana pembentukan BPUPKI ? Jawabannya

 Mengapa diperlukan analisis kewilayahan jawabannya adalah 

Sebagai seorang pemimpin, bagaimanakah anda dapat memajukan negara?​

 Bagaimanakah biodiversiti dapat menjana ekonomi​

bagaimana biosolar b30 dibuat :Mengenal Biosolar, Potensi Sumber Energi Alternatif Masa Depan

Proses penyebaran Islam terjadi selama beberapa abad dan melibatkan perjalanan panjang para ulama, penyebaran pesan agama melalui perdagangan dan hubungan diplomatik, serta melalui perjuangan militer. Berikut adalah beberapa pengamatan tentang bagaimana proses penyebaran Islam berlangsung:

  1. Perjalanan para ulama: Penyebaran Islam di awal masa-masa awal dilakukan oleh para ulama yang melakukan perjalanan dari Arab ke berbagai wilayah di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Selatan. Para ulama ini berperan dalam memperkenalkan Islam melalui diskusi, pengajaran, dan dakwah.

  2. Perdagangan dan hubungan diplomatik: Penyebaran Islam juga terjadi melalui perdagangan dan hubungan diplomatik antara para pedagang dan pejabat Muslim dengan wilayah-wilayah di luar Arab. Melalui interaksi ini, pesan agama Islam dan budaya Arab mulai dikenal dan diterima oleh masyarakat di wilayah-wilayah tersebut.

  3. Perjuangan militer: Proses penyebaran Islam juga terjadi melalui perjuangan militer atau jihad, seperti yang terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab dan para khalifah setelahnya. Para pemimpin Muslim ini melakukan ekspansi wilayah dengan tujuan menyebarluaskan agama Islam dan membela umat Muslim yang terancam oleh kekuatan lain.

  4. Adopsi dan adaptasi: Di banyak wilayah, penyebaran Islam terjadi melalui adopsi dan adaptasi dari agama yang telah ada sebelumnya, seperti agama Hindu di India atau agama Budha di Indonesia. Hal ini terjadi melalui proses akulturasi dan asimilasi budaya, di mana unsur-unsur budaya lokal digabungkan dengan ajaran Islam.

  5. Penyebaran melalui sastra dan budaya populer: Selain melalui perjalanan para ulama dan perdagangan, pesan agama Islam juga menyebar melalui sastra dan budaya populer seperti cerita rakyat, puisi, dan lagu-lagu. Hal ini terutama terjadi di wilayah-wilayah di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Dalam kesimpulannya, proses penyebaran Islam terjadi melalui berbagai cara, mulai dari perjalanan para ulama, perdagangan, hubungan diplomatik, perjuangan militer, adopsi dan adaptasi, hingga melalui sastra dan budaya populer. Proses ini berlangsung selama beberapa abad dan membentuk sejarah dunia serta keberagaman budaya dan agama di berbagai wilayah di dunia.

Pada saat abad ke 16 ini, pengaruh Ajaran Islam telah menyebar luas dan  secara merata ke bagian pulau pulau yang berada di wilayah Indonesia. Pengaruh ini telah sukses  membalikkan ajaran kepercayaan terhadap nenek moyang dan mengubah yang dulunya ajaran agama hindu buddha menjadi ajaran agama Islam.

Berikut peta Jalur perdagangan dan penyebaran ajaran Islam di wilayah nusantara beserta jalur-jalurnya yang dijelaskan di atas dan pada hari ini kita bisa mengetahui tentang kebenaran penyebaran agama Islam di Nusantara yang dibuktikan dengan adanya beberapa peninggalan bersejarah di kota kota yang pernah menjadi pusat penyebaran ajaran agama Islam dan berbagai kitab-kitab yang dibuat oleh pemuka pemuka agama Islam pada kala itu.

Post a Comment for "Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?"