cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah

cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
Heyyy moms kembali lagi di lautbaca.com kali ini admin akan membahas bagaimana cara budidaya menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga di pot gantung cantik moms, bunga yang menurut mitos dan kepercayaannya bunga ini dapat memberi keberuntungan bagi orang yang menanam bunga ini.ternyata bunga wijaya ini berasal dari daerah venezuela,ternyata bunga ini mempunyai kampung halaman yang sangat jauh,oh iya bunga ini sangat cocok di tanam di pot cantik anda yah moms.
cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
Dengan nama ilmiah Epiphyllum anguliger, bunga wijaya kusuma ini  mempunyai juga nama lain yang begitu elok elok yaitu bunga Ratu Malam.mengapa dikatakan bunga ratu malam?karena bunga ini selalu bahkan sering mekar pada saat malam hari dan mempunyai waktu-waktu yang tertentu,bunga wijaya ini memiliki ciri bunga memiliki mahkota bunga yang besar dan berwarna putih,merah,pink hingga jingga  dan sangat cocok sebagai dekorasi rumah moms sekalian.ternyata bunga ini mempunyai berbagai jenis dan berbagai macam warna bunga.dan jenis bunga yang sangat terkenal yaitu bunga wijaya kusuma kepiting merah.

Moms wajib membaca artikel ini 16 bunga cantik sebagai dekorasi rumah anda lengkap dengan cara menanam dan merawatnya

Bunga wijaya kusuma ini sangat digemari oleh kalangan pecinta bunga yah moms,dan merupakan bunga yang wajib dikoleksi karena bunga ini sangatlah cantik.admin akan membahas bagaimana cara merawat bunga wijaya kusuma agar tetap berbunga di pot mini anda,yuk kita menuju tkp moms.

Cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah

Bibit bunga kusuma wijaya

cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
bibit bunga kusuma wijaya
Bibit bunga wijaya kusuma anda bisa mendapatkan di toko penjualan bibit bunga yang berada di kota anda,maupun di toko-toko online,anda bisa mendapatkan bibit tanaman ini dalam bentuk tanaman kecil atau bisa juga menggunakan bibit dari stek atau cangkok dari daun bunga ini.

Moms juga bisa mendapatkan bibit dari induk tanaman bunga kusuma wijaya yang telah dewasa yang memiliki tanaman kecil atau anak bunga ini yang berada di sekitar tanaman induk,caranya dengan cara memisahkan rumpun induk dari tanaman bunga wijaya ini dari anakannya secara hati-hati.

Untuk bibit disarankan berukuran sedang atau 15 cm karena bibit yang berukuran sedang mempunyai potensi hidup yang lebih baik ketimbang bibit yang berukuran kecil.

Media tanam bunga kusuma wijaya

cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
edia tanam pot gantung bunga kusuma wijaya
Untuk media tanam bunga ini membutuhkan media tanam sekam bakar dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1.dan dicampur dengan rata. setelah media tanam telah tercampur kita bisa memasukannya di pot cantik atau di pot gantung milik moms,untuk alternatif media tanam  moms bisa juga menggunakan cocopeat,pakis,lumut sphagnum, dan batang paku tiang.sebagai pengganti sekam bakar yah moms.
cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
media tanam sekam bakar

Penanaman Bibit bunga kusuma wijaya

cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah
cara menanam bibit kusuma wijaya
Untuk proses penanaman bunga kusuma wijaya tidak terlalu sulit,setelah moms mendapatkan bibit bunga ini moms bisa memindahkan ke media tanam yang baru kita campur tadi ke media tanam baru dengan cara membuat lubang dengan kedalaman 5 cm atau disesuaikan dengan akar tanaman bibit bunga kusuma wijaya kita lalu memasukan akarnya ke media tanam hingga akar tanaman baru kita akarnya tertutup semua oleh media tanam.dan dipadatkan agar tanaman kita tidak roboh.dan jangan lupa lakukan penyiraman menggunakan air bersih hingga media tanam lembab dan seluruhnya media tanam basah,akan tetapi jangan berlebihan yah moms.

Note :penyiraman tahap ini dilakukan ketika media tanam ketika terlihat kering saja,apabila masih basah tidak  usah dilakukan penyiraman.

Untuk tahap penanaman awal bibit bunga wijaya kusuma ini sebaiknya di tempatkan di tempat yang teduh selama 5 hari sampai bunga ini mulai kelihatan segar kembali atau telah beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan media tanam yang baru.pada tahap ini pemberian pupuk tidak dianjurkan sebelum bibit kita berumur 1 bulan pada media tanam yang baru.

Penyiraman

Untuk penyiraman pada tanaman bunga kusuma ternyata tidak terlalu membutuhkan air yang banyak,cukup dengan menyiramnya apabila media tanam mulai mengering,akan tetapi lain halnya ketika musim kemarau atau pada saat matahari begitu terik kita harus memperhatikan kelembaban dan kadar air dalam media tanam bunga kita.

Pemupukan

Dalam tahap pemupukan moms bisa menggunakan pupuk Npk dengan perbandingan 16:16:16.untuk pemupukan dilakukan pada saat tanaman berumur sebulan saat pemindahan media tanam baru.pemupukan dengan pupuk Npk pun sangat mudah anda tinggal memberikan setengah sendok makan ke media tanam setiap 1 bulan sekali..

Apabila moms ingin menggunakan pupuk alami moms bisa menggunakan pupuk POC atau pupuk organik cair yang admin telah membuat tutorial cara membuat pupuk POC  dan Npk organik di artikel ini Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman . untuk organik cair moms bisa menerapkan penyiraman pupuk organik cair 2 minggu sekali.

Pembersihan gulma

Pembersihan gulma atau kontrol gulma ini dilakukan 2 minggu sekali,agar tidak ada tanaman lain yang mengganggu perkembangan dan pertumbuhan tanaman kita.

Sinar Matahari

Agar tanaman bunga kusuma wijaya ini cepat berbunga lebat dan supaya rajin berbunga terus  tanaman bunga kusuma wijaya ini membutuhkan sinar matahari yang cukup,atau bisa dikatakan tanaman bunga wijaya kusuma ini sangat suka daerah terkena sinar matahari yang cukup dan tidak berlebih,sekitar 60-70 % pencahayaan sinar matahari.karena bunga wijaya kusuma ini sangat doyan akan area yang beriklim panas,sangat cocok kan dengan iklim yang ada di Indonesia,maka dari itu bunga ini biasanya dijadikan tanaman pot gantung mini.

Penanganan hama penyakit

Untuk penanggulangan hama penyakit pada tanaman bunga kusuma ini anda bisa menggunakan pestisida yang ada di toko pertanian ataupun moms bisa menggunakan pestisida dari bahan-bahan alami dari daun tembakau,sirih,daun sambiloto,sabun pencuci piring.dll banyak tutorial cara membuat pestisida organik yang aman untuk lingkungan pada channel youtube pecinta tanaman bunga.

Berapa usia bunga wijaya kusuma berbunga?

Untuk pertumbuhan bunga pada bunga wijaya kusuma ini pada saat tanaman kita telah berumur 4 tahun,apabila cara perawatannya benar dan baik tanaman ini bunga berbunga lebih cepat dengan pemenuhan nutrisi yang baik dah media tanam yang masih baik.

Mungkin itu saja mengenai cara menanam bunga Kusuma wijaya dari admin.semoga artikel ini membantu moms dalam cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga dan memiliki bunga yang lebat.


















Post a Comment for "cara menanam bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga,ternyata cukup mudah"