Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca


Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca


Bunga Anthurium  atau Flamingo flowers ini  merupakan salah satu bunga yang sangat cantik dan menarik yang sangat cocok dijadikan tanaman hias di pot maupun di teras rumah anda. tanaman ini di sukai karena mempunyai keindahan pada daun dan bunganya,dan mempunyai dua karakteristik yaitu tanaman Anthurium daun maupun tanaman Anthurium bunga. Makanya peminat bunga ini semakin menjamur , para penghobi bunga gemar menanam tanaman ini kita bisa melihatnya dari peningkatan penjualan bunga ini di toko online dan toko bunga yang berada di kota anda.makanya admin akan membahas cara menanam dan merawat bunga flamingo atau bunga Anthurium ini.

Di samping bunga flamingo memiliki bunga yang  menarik dan cantik, harganya pun lumayan tinggi di pasaran. Moms bisa mendapatkan bunga cantik ini  antara ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah lol moms. mengapa harga bunga flamingo ini sangat mahal karena peningkatan Peminat semakin tinggi, namun pembudidaya bunga ini sangat minim,pemenuhan pasar sangat lah tinggi akan tetapi tanaman ini sangat jarang di budidayakan.dan bunga ini ternyata cara menanam bunga flamingo atau bunga Anthurium ini tidak sulit,malah cenderung tidak merepotkan.

Kita tahu iklim di Indonesia Tropis yaitu beriklim hangat dan lembab sedangkan tanaman Anthurium atau flamingo flowers ini juga memiliki habitat asli di benua Amerika di Hutan Hujan Amazon yang beriklim tropis juga,maka dari ini Cara budidaya Flamingo flowers di Indonesia yang notabene beriklim tropis seperti habitat asli bunga ini menjadi sangat mudah.

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca

Pembibitan

Pembibitan pada tanaman bunga Flamingo ini bisa menggunakan 2 metode yaitu pembibitan menggunakan biji atau pembibitan menggunakan stek berikut admin akan menjelaskan secara detail.

Pembibitan Flamingo Flowers dari Biji

Jika moms ingin budidaya tanaman Flamingo flowers ini moms  bisa memulainya dari pembibitan yang berasal dari biji. Pembibitan ini dilakukan dengan melakukan perkawinan. Terutama persilangan tetua terpilih agar bisa menghasilkan hibrida atau kultivar yang lebih unggul. Pastikan tanaman indukan jantan dan indukan betina sudah dipersiapkan.

Indukan tanaman betina bisa dikenali dengan cara meneliti karakter pada bunganya. Bunga betina yang siap dibuahi mempunyai permukaan spadik yang licin (berlendir). Sedangkan pada tanaman indukan jantan, ditandai  dengan bunga jantan yang telah mengeluarkan serbuk sari di bunganya,. Serbuk sari pada bunga jantan Flamingo flowers memiliki warna  putih kekuningan dan akan mulai matang setelah 2 sampai 4 hari setelah bunga betina matang.

Cara penyerbukannya pun sangat mudah pertama - tama yang harus kita Lakukan yaitu penyerbukan dengan cara menempelkan pollen dari spadik tanaman indukan jantan ke kepala putik pada spadik indukan betina. Penyerbukan buatan ini juga dapat  dilaksanakan dengan kuas kecil. setelah proses penyerbukan telah dilakukan anda bisa  ditutup dengan kertas.

Tanda kawin silang pada tanaman kita berhasil ditandai dengan munculnya bakal buah. bakal Buah ini muncul akan berbentuk menyerupai  kutil pada spadik. Buah ini moms bisa memanennya dalam jangka 2-6 bulan setelah melakukan kawin silang secara manual,Buah tanaman Anthurium yang sudah matang atau bisa dijadikan bibit mempunyai ciri  memiliki warna merah kehitaman. dan  bunga bunganya juga mudah lepas dari spadik.kita harus teliti yah moms.

Setelah moms telah melakukan panen pada buah di tanaman bunga flamingo ini tahap kedua yaitu melakukan pelepasan daging buah dan mengambil biji yang akan dijadikan bibit baru tanaman flamingo, lakukan pembersihan secara berhati - hati pada bagian dagingnya. Terutama bagian daging yang berlendir. pada Buah yang tidak lgi  berlendir itulah yang disebut biji. dab Biji bunga flamingo moms ini sudah siap di semai. 

Pembibitan dengan cara stek

Pembibitan Stek ini memiliki tingkat perkembangan yang cepat daripada penanaman bibit bunga flamingo dari biji,akan tetapi pembibitan stek tidak sebanyak pembibitan dari biji karena pembibitan dari biji dapat menghasilkan tanaman baru yang banyak.

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca


Tahap pertama stek batang

Pemotongan batang tanaman bunga flamingo ini di lakukan di bagian batang  3 cm di atas tanah.dan hasil potongan ini bisa menjadi beberapa bibit bunga tanaman baru,ingat jangan memotong batang tanaman yang ada tunasnya,pastikan potong di bagian bawah dari tunas tanaman agar dapat tumbuh menjadi tanaman baru.

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca
stek batang bunga flamingo

Setelah itu rendamlah sekitar 5 menit di dalam air larutan bawang merah,agar memicu perkembangan tunas baru pada bibit tanaman.rendaman bawang putih merupakan salah satu zat pemicu runas yang baik dan alami.Setelah itu melakukan perendaman selama 5 menit kita lakukan pembilasan dengan air bersih.

Penyiapan media tanam  bunga Flamingo atau Anthurium

Dalam menyiapkan media tanam bunga Flamingo ini dibutuhkan tanah yang memiliki unsur hara yang baik,anda bisa menggunakan tanah humus yang dicampur sekam dan di tambah pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1

Apakah bunga anthurium atau Flamingo Flower bisa hidup di air ?

Ternyata  untuk menanam anthurium bisa juga menggunakan media air  di dalam. Pilih Pot yang terbuat dari kaca agar supaya Anda dapat melihat perkembangan akarnya. Sebuah toples atau vas kaca  akan berkembang dengan baik asalkan pertumbuhan akar dalam pot mumpuni  dan dapat menampung massa akar. moms bisa menaruh bibit tanaman bunga anda di top atau wadah yang kecil terlebih dahulu.

Cara penanaman Stek batang pada penanaman bunga flamingo

Setelah menyiapkan media tanam pada pot dan telah menyiapkan bibit stek bunga flamingo tahan berikutnya yaitu penanaman ke media tanam,cara yang admin gunakan di sini cara penanamannya dengan cara batang tanaman dibiarkan posisi berbaring lalu batang ditekan sedikit pada media tanam seperti gambar di bawah.

Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca
cara stek batang bunga flamingo
Apabila tanaman sudah besar moms bisa memindahkan ke pot yang agak besar atau ke vas air anda yang ada di sudut ruang tamu anda.

Penyiraman 

Pada penyiraman pada bunga flamingo admin menyarankan penyiraman dilakukan 2 kali sehari secukupnya dengan menggunakan air bersih ke media tanam,apabila anda sibuk cukup pagi hari saja.tapi sebenarnya tanaman ini sangat suka dengan tanah yang lembab jadi usaha penyiraman jangan sampai lupa karena akan mengganggu pertumbuhan pada tanaman.

Sinar Matahari

Karena tanaman ini berasal dari amazon yang beriklim hangat dan lembab seperti di Indonesia tanaman ini membutuhkan sinar matahari sekitar 60 persen.akan tetapi pada masa awal penanaman moms bisa menyimpannya di tempat teduh terlebih dahulu sampai tunasnya muncul dan mengeluarkan daun.

Tanaman Bunga flamingo ini sangat baik perkembangan tumbuhnya pada ketinggian 1.400 mdpl. dan  paparan sinar mataharinya membutuhkan  30-60 persen. Agar perkembangan  daun, batang, dan bunganya tumbuh secara optimall, usahakan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.agar dan tanaman bunga flamingo kita tidak akan  menjadi kuning dengan penyinaran secara langsung yang terik.

Anda bisa menyimpannya di tempat teduh seperti di teras atau di bawah pohon yang cuma terkena matahari pagi dan sore saja atau anda bisa juga menggunakan paranet untuk bisa membantu melindungi tanaman anda. Paranet digunakan karena paranet berfungsi sebagai penyerapan pancaran  sinar matahari sampai 70 persen. Penyerapan sinar matahari  ini sangat cocok dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga flamingo ini. dan begitu  juga dengan daun dan batangnya,tanaman ini  sangat tumbuh baik pada suhu sekitar 19-21 derajat celcius ketika malam hari. dan  pada siang harinya bisa tumbuh maksimal pada suhu 28-30 derajat celcius.

Pemupukan dan pembersihan gulma 

Untuk Pemupukan admin menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Npk Organik dan cara pembuatannya pun sangat mudah admin telah membuat artikel untuk membuat POC atau pupuk organik cair dan Npk organik silahkan klik ini.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Penyiraman Pemupukan organik dilakukan pada  setiap minggu bisa bergantian pupuk organik cair dan Npk organik,disini amdin lebih memilih pupuk organik karena selain mudah dan murah di dapatkan pupuk organik sangat ramah terhadap  lingkungan dan media tanamnya tidak mengalami pengerasan atau pemadatan,dan bisa digunakan kembali pada tanaman berikutnya.

Pemeliharan Tanaman bunga flamingo ini kita harus memperhatikan gulma liar yang tumbuh di media tanam,sebaiknya kita melakukan pembersihan gulma ketika kita melakukan pemberian pupuk terhadap tanaman kita.

Hama

Lakukan pembersihan daun dengan menggunakan  lap lembut yang telah dibasahi dengan  air bersih secara rutin setelah itu Pembersihan nya dari debu-debu yang menghalangi daun tanaman kita dengan mengelap daunnya saja.anda bisa juga menggunakan tisu basah sebagai alternatif lain selain lap basah

Selain membersihkan daun, kita juga harus mengecek i juga hama yang menempel pada tanaman bunga flamingo. apalagi serangga dan tungau yang bisa merusak tanaman. anda bisa menggunakan cairan tembakau atau  minyak hortikultura untuk membasmi kutu putih.

Demikian dan terima kasih bunga ini sangat cantik apabila moms merawatnya dengan sepenuh hati,karena tanaman ini juga makhluk hidup kita seharusnya merawat bunga flamingo kita dengan baik dan benar.


Post a Comment for "Cara menanam dan merawat flamingo flower Atau bunga Anthurium di pot maupun di toples kaca"