Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot

Bagaimana cara menanam daun mint dari batang di pot

Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
Hello moms admin kali ini akan membahas cara menanam dan merawat daun mint yang benar,kita tau daun mint mempunyai banyak manfaat alangkah baiknya kita menanam tanaman ini di pot maupun di pekarangan rumah,dan daun ini sebenarnya tanaman liar loh,dan daun mint ini cukup tumbuh subur di berbagai belahan dunia,dan daun mint ini bisa ditanam melalui biji atau stek batang.

Tanaman daun mint ini atau peppermint ini mempunyai wangi aroma sejuk ketika kita berada dekat tanaman ini,tanaman daun mint ini mempunyai aroma yang cukup tercium ketika kita berada di dekatnya.

Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
Karena rasa dingin dan sejuk inilah daun mint banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk makanan dan minuman contohnya permen karet,campuran jus buah,odol,salad,bahkan di seduh dengan teh.dengan sensasi dinginnya maka tanaman ini banyak dibudidayakan.dan dapat di oleh di berbagai dessert.

Cara Menanam daun mint yang mudah untuk pemula

Moms ingin mencoba menanamnya ?simak baik-baik artikel ini yah

Persiapan Bibit

Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
stek batang daun mint

Untuk persiapan bibit anda bisa menyiapkan bibit yang berupa biji maupun bibit dari batang daun mint yang telah dewasa,tanaman daun mint ini merupakan tanaman yang merambat,tanda bisa mengambil batang yang merambat di tanah yang telah mempunyai akar lalu memotongnya dari tanaman induknya.

Moms bisa juga menanam tanaman daun mint ini dengan menggunakan stek batang sebaiknya kita  pemotong batang daun mint yang sudah tua dan keras dan biasanya berwarna agak kemerahan.dan di ujung pada tanaman daun mint kita kita celupkan wadah yang berisi air bersih dan di simpan di tempat teduh selama 4-5 hari atau sampai bibit tanaman daun mint kita memiliki akar.baru bisa dipindahkan ke media tanam selanjutnya,agar bibit yang akan kita tanam tidak layu ketika pindah ke media tanam selanjutnya.

Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
media tanam air daun mint

Admin menyarankan menanam daun mint ini menggunakan bibit dari stek batang batang,atau mengambil batang yang telah mempunyai akar,apabila moms menanam daun mint ini menggunakan bibit dari biji prosesnya sangat lama dan membutuhkan media penyemaian lagi.apabila moms ingin mencobanya moms bisa kontak admin,kebetulan admin juga punya hehehehe.

Media Tanam

Untuk media tanam daun mint sangatlah mudah karena daun mint ini cukup tahan di area lembab atau  yang mempunyai cukup asupan air.

Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot
media tanam pada tanaman daun mint
Jadi untuk media tanam pada daun mint ini relatif mudah moms bisa menggunakan tanah humus dengan campuran sekam bakar 1:1 .atau bisa juga menggunakan tanah kompos maupun pupuk kandang dicampur sekam bakar atau sekam mentah,moms bisa menggunakan media apa saja asalkan media tersebut subur dan banyak mempunyai unsur hara.

Setelah media tanam tercampur rata mom bisa memasukkannya ke dalam pot atau wadah yang mom's telah siapkan sebagai media tanam daun mint ini

Untuk media tanam moms bisa menggunakan botol bekas,gelas air mineral bekas yang telah di lubangi,polybag maupun pot dan bisa juga di tanam di pekarangan rumah.

Cara penanaman

Cara penanaman daun mint ini sangat mudah moms bisa menanamnya langsung ke media tanam,caranya yaitu siapkan media tanam yang telah kita racik sebelumnya,lalu kita tinggal membuat lubang dengan kedalaman sekitar 5 cm lalu kita bisa menancapkan batang hasil stek kita pada media tanam tersebut,akarnya baiknya tertutup dengan media tanam agar penyerapan nutrisi bisa maksimal.

16Tips Perawatan daun mint

Banyak orang yang mengatakan merawat daun mint itu susah,padahal sebenarnya daun mint ini sangat mudah dalam perawatannya,admin perlu menegaskan tanaman ini termasuk tanaman invasif loh,daya tumbuhnya cepat dan bisa beradaptasi dengan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia.admin akan membagi tips agar tanaman daun mint kita bisa tumbuh subur dan berdaun lebat.berikut tips nya :

1.Penempatan tanaman daun mint,tanaman ini cocoknya di tanam di mana sinar matahari tidak begitu banyak,usahakan menempatkan daun mint ini di tempat yang teduh dan cuma terkena sinar matahari pagi ataupun sore hari.dengan sinar yang tidak begitu intent maka tanaman daun mint kita akan tumbuh subur.

2.Lakukan Penyiraman secara teratur,pagi ataupun sore hari,penyiraman disini dilakukan cuma sekali saja yah moms,karena sinar matahari yang diterima oleh daun mint ini tidak begitu intens maka media tanamnya tidak begitu kering.

3.Pembersihan gulma yang tumbuh di sekitar media tanam,apabila moms hendak menyiram tanaman ini moms bisa mengecek juga tanaman liar yang tumbuh di sekitar media tanam agar tanaman kita tidak berebut nutrisi dari tanaman lain.

4.Pemupukan tanaman daun mint ini tidak sulit kok,admin disini menggunakan pupuk organik tanpa zat kimia,karena daun mint ini akan kita konsumsi,alangkah baiknya kita menggunakan pupuk organik yah mom,pada metode penanaman daun mint admin menggunakan pupuk organik cair,

Bingung untuk mendapatkan POC? admin telah membuatkan artikel cara membuat pupuk organik cair (POC)dan cara pemakaiannya pada artikel ini.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

5.Perbanyak bibit tanaman,apabila dalam beberapa bulan tanaman kita tumbuh dengan subur,maka yang kita lakukan penyulaman atau memperbanyak bibit dengan cara stek yang sudah dijelaskan tadi,proses penyulaman berguna apabila sewaktu waktu tanaman kita layu atau mati,kita mempunyai cadangan atau generasi baru pada tanaman daun mint kita.

6.Penanggulangan hama pada tanaman daun mint,untuk penanggulangan hama daun mint moms bisa menggunakan pestisida alami dengan menggunakan campuran larutan 2 tetes sabun pencuci piring,daun pepaya,daun sambiloto,daun sirih,ataupun daun tembakau.pilihlah beberapa atau salah satu daun yang admi sebutkan dan diblender lalu dicampur dengan 2 tetes sabun pencuci piring dan 3 sendok garam krosok lalu dilarutkan kedalam 2 liter air,setelah itu di semprotkan pada sore hari.

Note : Penyemprotan pestisida ini dilakukan apabila tanaman terkena hama penyakit,apabila tanaman kita masih sehat kita tidak perlu penyemprotan pestisida ini.

Beberapa pertanyaan moms sekalian seputar daun mint 

Apakah daun mint Bisa Hidup di air?

Untuk memperbanyak bibit daun mint kita menggunakan media air untuk memancing tumbuhnya akar,stek media air dianjurkan sebagai tahap awal dalam proses budidaya daun mint .

Apakah daun mint harus kena matahari?

Sinar Matahari sangat dibutuhkan oleh semua tanaman akan tetapi pada tanaman daun mint apabila terkena sinar matahari yang banyak dapat membuat layu tanaman tersebut,jadi sinar matahari yang cukup dapat membuat tanaman kita tetap sehat dan memperbanyak daun,akan tetapi perlu dipindahkan apabila sinar matahari terlalu terik.

Apakah daun mint bisa mengobati asam lambung?

Ternyata dengan daun mint ini bisa meredakan asam lambung,menurut riset zat yang terdapat di daun mint dapat meredakan mual,maag,dan gangguan lambung lainnya.

Apa Manfaat daun mint untuk wajah?

Karena daun mint mempunyai sensasi rasa segar dan sejuk,moms bisa mencampurkan daun mint ini pada minyak zaitun,atau lidah buaya sebagai pelembab kulit di samping melembabkan kita mendapatkan sensai geras yang membuat relaksasi terhadap kulit kita,.

Apakah daun mint bisa dimakan mentah ?

Daun mint sangat bisa dikunyah langsung atau dicampur dengan minuman lainnya 

Apakah daun mint bisa dijadikan obat batuk? obat flu ?

Karena daun mint mempunyai efek fresh,daun mint ini bisa sebagai salah satu alternatif tanaman yang dapat meringankan tenggorokan yang gatal dan mengencerkan dahak di tenggorokan,karena daun mint memiliki kandungan menthol,cukup dengan membuat larutan teh daun mint yang dicampur jeruk nipis dan madu akan membuat tenggorokan yang gatal membuatnya menjadi adem lagi.

Apakah daun mint bisa menghilangkan bau mulut?

Nah ini nih,bagi perokok anda bisa menggunakan daun mint membuat bau mulut kita lenyap seketika,daripada memilih permen yang mempunyai gula,mending anda beralih mengunyah daun mint,disamping membuat mulut kita fresh wangi yang dihasilkan sangat segar,dan wanginya ini bertahan lama loh.oh iya apabila mengunyah daun mint kita juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti meningkatkan imun dan mengurangi terkena penyakit lainnya karena daun mint mempunyai vitamin c,fosfor,zat besi,kalsium dan potasium.dan zat-zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Apakah daun mint bagus untuk rambut?

Bagi kamu yang mendapatkan masalah mengenai rambut,moms bisa mencoba daun mint ini sebagai mengatasi kerontokan pada rambut,dan efek mentholnya membuat kutu tidak betah bersemayam di kepala kita.

Dari sekian banyak manfaatnya moms seharusnya menanam tanaman ini di pot atau d pekarangan rumah moms…gaskeun hehehe

Apabila moms menggunakan metode hidroponik moms tidak memerlukan pestisida yah.

Itulah beberapa tips yang bermanfaat untuk pemula yang ingin mencoba menanam daun mint di halaman atau di kebun kecil miliknya.di umur 3 bulan moms bisa memetik dan memanennya dengan cara memetik daun-daun yang agak besar dan bisa langsung diseduh dengan teh atau dibuat sebagai penyegar jus buah anda.selamat mencoba.

















Post a Comment for "Bagaimana cara menanam daun mint dari stek batang di pot"