Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang dengan benar

Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang

Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang

Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang dengan benar

Oregano ialah tanaman yang selalu ditanam di daerah mediterania dan bagian asia selatan dan asia tengah,karena tanaman ini merupakan salah satu jenis rempah pada masakan eropa dan orang orang timur tengah,moms ingin tahu cara menanam oregano danga biji ataupun stek batang simak artikel ini.

Oregano ini ternyata masih satu keluarga dengan daun mint yah moms makanya daunnya ada rasa-rasa pedasnya ingin tahu cara menanam daun mint klik artikel ini Cara menanam dan merawat daun mint dengan benar

Oregano memiliki ciri daun seperti kemangi,akan tetapi daun oregano sedikit lebih kecil dari daun kemangi,sara dan aromanya pun berbeda,oregano mempunyai wangi khas yang mempunyai aroma sedikit pedas.makanya rempah ini biasa digunakan untuk campuran pasta,steak,dan pizza,bisa juga dipakai pada masakan yang berkuah seperti sup panas.

Yuk kita simak cara menanam oregano stek batang atau biji oregano

Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang dengan benar
stek batang oregano

Bagaimana sih cara memperbanyak oregano? kita bisa memperbanyak tanaman ini dengan cara vegetatif dan generatif .

kalau penanaman oregano dengan cara generatif bisa kita menggunakan biji,dan cara vegetatif dengan cara stek batang.Untuk pembibitan oregano dari biji (vegetatif)kita bisa membelinya di toko bibit tanaman di toko online atau marketplace online,atau di toko bibit tanaman yang ada di kota anda.

Untuk cara menanam benih oregano dari biji (generatif)

kita bisa terlebih dahulu  tempatkan ke media tanam semai,berupa wadah yang berisi cocopeat dengan ketebalan 2-3 cm lalu pada permukaan cocopeat tersebut diberikan kapas yang steril sebagai pengikat akar benih oregano nantinya

setelah itu lakukan penyemprotan media tanam kapas menggunakan spray sampai kapas basah semua ,benih oregano biasanya tumbuh sekitar 2 minggu dan ditutup dengan kantong plastik dan disimpan di ruangan atau tempat yang teduh.jangan lupa apabila media tanam kering bisa diberi air lagi dengan cara disemprotkan menggunakan spray,apabila moms tidak mempunyai spray moms bisa menggunakan sendok.setelah 2 minggu lebih anda bisa memindahkannya ke polybag kecil atau pot yag berisi media tanam berupa sekam bakar dan tanah kompos dengan perbandingan 1 :1.

Cara menanam oregano secara (vegetatif) dengan cara stek

Untuk Penanaman oregano dengan cara stek pilihlah batang dari pokok tanaman oregano yang sehat dan sudah tua,setelah itu rendam lah ujung batang oregano dengan rendaman air bawang selama 10 menit sebagai pemicu tumbuhnya akar.setelah itu kita tancapkan ke media berupa pot atau polybag yang telah diisi oleh media tanam.

Note :Benih oregano mempunyai hama semut,kadang biji oregano apabila tidak dibungkus akan hilang,pemindahan bibit tanaman oregano haruslah sangat hati hati,anda bisa menanamnya langsung bersama kapas yang telah menjadi media tanam semai oregano ini.

untuk jenis oregano yang sering ditanam yaitu oregano greek dan oregano common

Media tanam Oregano 

Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang dengan benar
media tanam stek oregano
Untuk media tanam tanaman oregano disarankan media tanamnya haruslah porous.artinya porous mempunyai banyak rongga rongga sehingga akar tanaman dapat leluasa bernafas dan air tidak tergenang dalam media tanam.

Tanaman oregano tidak menyukai tanah yang jenuh air jadi media tanam yang cocok untuk oregano yaitu sekam bakar dicampur dengan tanah kompos untuk perbandingannya 1 bagian sekam bakar 1 bagian tanah kompos.

Perawatan Bibit Oregano

Sebenarnya tanaman oregano sangat menyukai sinar matahari dan wilayah yang mempunyai sirkulasi udara yang baik,akan tetapi pada awal masa penanaman sebaiknya kita menyimpan tanaman oregano kita di tempat yang agak sejuk,setidaknya terkena sinar matahari pagi atau sore saja.biarkan tanaman kita beradaptasi di tempat barunya,setelah berumur 1 bulan baru kita pindahkan ke tempat yang mempunyai banyak sinar matahari.

Pemotongan cabang atau pemotongan pucuk dilakukan pada saat umur tanaman oregano stek berumur 1 bulan.untuk merangsang pucuk baru dan tanaman makin lebat dan rimbun.

Sinar Matahari

Bagi tanaman oregano sinar matahari adalah hal yang sangat penting maka dari itu apabila tanaman oregano kita sudah tumbuh lebat atau sudah dapat beradaptasi kita bisa menyimpannya di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Penyiraman

Pada Tanaman oregano moms bisa melakukan penyiraman 1 kali saja pada pagi hari pada saat tanaman ditempat yang teduh,apabila tanaman sudah di pindahkan ke tempat yang terpapar sinar matahari langsung sebaiknya penyiraman dilakukan 2 kali sehari ,yaitu ketika pagi dan sore hari.

Pemupukan

Untuk pemupukan tanaman oregano sangat sensitif dengan pemupukan karena tanaman oregano tidak membutuhkan pupuk yang berlebih,apabila tanaman oregano kelebihan pupuk daunnya akan menguning dan tidak segar,maka admin disini menggunakan pupuk organik cair dan pupuk Npk organik,dan admin melakukan pemupukan 1 kali dalam seminggu selang-seling,untuk cara membuat pupuk npk dan pupuk organik cair moms bisa mengklik artikel ini.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan tanaman Oregano

-Media tanam haruslah poros,anda bisa menggunakan campuran tanah humus,cocopeat,sekam bakar,sekam basah,atau campuran pasir dan tanah.

-Penyiraman tidak boleh berlebihan apalagi tergenang di media tanam.

-Pemupukan tidak boleh berlebihan,sebaiknya menggunakan pupuk alami atau pupuk organik.

-Pencahayaan sinar matahari yang full pada saat tanaman sudah dapat beradaptasi dengan media tanam.

-Perawatan dengan sepenuh hati agar hasilnya memuaskan.

Mungkin ini saja tips-tips cara menanam dan merawat oregano dengn benar mulai dari biji dan stek batang,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi moms.












Post a Comment for "Cara menanam dan merawat oregano dengan biji maupun stek batang dengan benar"