cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur
cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

Apa itu menanam cara vertikultur ? Sistem dalam pertanian vertikultur adalah sistem budidaya Tanaman yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat,sistem vertikultur ini adalah salah satu alternatif penanaman dengan menggunakan memaksimalkan lahan sangat sempit,hal ini sangat cocok dilakukan pada area perkotaan dan perumahan yang mempunyai area pekarangan yang terbatas maupun sempit.

Vertikultur organik adalah budidaya tanaman dengan sistem vertikal  atau bertingkat dengan menggunakan bahan-bahan alami yaitu berupa Pupuk alami (pupuk organik),pestisida organik,media tanam organik tanpa ada zat kimia.

Admin Akan memberikan tips sedikit cara menanam sawi dengan cara vertikultur yang cocok bagi kamu yang ingin menanam sawi di lahan yang sempit di pekarangan rumah.sistem ini semi hidroponik yah.sebenarnya kekurangan dari sistem vertikultur ini adalah biaya yang mahal dibanding dengan sistem tanam konvensional,akan tetapi sistem vertikultur ini bisa menghemat tempat,bahkan dengan lahan 1 meter saja anda bisa menanam banyak tanaman pada sistem ini.

cara menanam Sawi dengan cara vertikulturMedia tanam Vertikultur

Pembuatan media vertikultur dari pipa paralon

Untuk media tanam dengan metode vertikultur mungkin berbeda dengan sistem tanam lainnya ataupun sistem tanam konvensional ,sistem caisim menggunakan paralon ini sangatlah cocok bagi anda yang mempunyai lahan yang sangat sempit.

memerlukan bahan dan alat yang khusus,mengapa diperlukan bahan dan alat yang khusus karena kita menanam tanaman yang secara bertingkat ,berikut penjelasannya.

Bahan

Siapkan pipa paralon dengan ukuran 4 inci atau 5 inci dengan panjang 130 cm dan di lubangi di 4 sisinya  berderet seperti gambar di bawah,anda bisa melihat tutorialnya di link. video cara membuat pipa vertikal metode vertikultur

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

Pipa ukuran 1/2 inci dengan panjang 140 cm dan di gergaji tipis guna sebagai lubang keluarnya air sebagai penyiraman media tanam pipa besar yang telah kita buat.dan siapkan ukuran ember sedang.Setelah membuat rangkaian di atas kita menuju ke tahap selanjutnya ke tahap media tanam.

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur
lubang penyiraman ada pipa kecil di dalam media tanam

Untuk media tanam vertikultur disini admin menggunakan media tanam dengan perbandingan seperti ini :

1 bagian tanah humus/tanah hitam

1 bagian pupuk kompos/kandang

1 bagian sekam bakar

Dan campur hingga rata

Pertama-tama kita mengisi ember yang kita siapkan sebelumnya dengan tanah humus ⅔ bagian setelah itu masukkan pipa paralon besar kita ke dalam ember tersebut.lalu kemudian tutup pinggiran pipa sampai batas ember,agar pipa yang kita tanam kokoh tertancap di ember.

Setelah pipa besar kokoh tertancap ke ember kita masukkan pipa kecil yang telah kita lubangi dengan gergaji sebagai saluran air ,lalu kemudian isi dengan media tanam yang telah kita campur tadi ke dalam pipa besar kita sampai penuh,jangan lupa mengisi lubang-lubang media tanam dengan sedikit media tanam,anda juga bisa menggunakan rockwool sebagai media tanam di lubang-luang pipa paralon kita.

Pemilihan bibit

Pemilihan bibit sawi atau biji sawi anda bisa membelinya di toko - toko pertanian dan di toko hidroponik yang dekat dari rumah anda,apabila anda tidak mendapatkanya anda bisa membelinya dengan cara online.anda bisa menanyakan kualitas bibit sawi kepada penjualnya ,disarankan pilihlah bibit yang unggul dengan merk dagang terpercaya.

Penanaman

Proses penanaman biji sawi menggunakan teknik vertikultur itu sangatlah mudah.kita bisa mengisi bibit sawi kita ke lubang-lubang media tanam pada pipa besar kita 1-2 biji sawi,dan menyiramnya dengan sedikit air.

Proses penyiraman

Proses penyiraman dengan sistem vertikultur ini bisa menyiramnya dari pipa kecil dari atas,bisa kuga menyiramnya di lubang-lubang media tanam.apabila anda ingin simpel anda bisa menggunakan botol air mineral bekas yang direkatkan di ujung pipa kecil bagian atas agar penyiraman vertikultur ini mudah,anda bisa melihat gambar di bawah.lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari,pagi dan sore dan tidak berlebihan.apabila berlebihan media tanam pada lubang - lubang pipa paralon kita akan meluap dan menyebabkan unsur hara  pada media tanam berkurang.jadi proses penyiraman pada awal tanam jangan dulu disiram pada lubang atas.cukup disiram pada lubang-lubang media tanam yang telah diisi bibit sawi.

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur
penyiraman menggunakan botol besar mineral


Pemupukan  sistem vertikultur

Admin disini menggunakan pupuk organik cair,anda bisa membuatnya di artikel ini,pemupukan dilakukan setiap 2-3 hari sekali.pemupukan dilakukan ketika bibit tanaman berusia 3 minggu.Cara membuat pupuk Organik dan pupuk Npk Organik untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan tanaman

Penanggulangan Hama

Untuk pestisida anda bisa menggunakan ramuan pestisida alami dengan menggunakan larutan dari daun sirih,tembakau atau daun sambiloto yang diblender lalu larutannya diencerkan ke dalam 3 liter air lalu disemprotkan ke tanaman yang ada hamanya.apabila tanaman kita biarkan terjangkit hama dan tidak segera diatasi maka tanaman kita bisa mati atau gagal panen maka dari itu penangan hama sangatlah penting.

Sinar Matahari 

Sinar matahari sangatlah penting but kelangsungan tanaman kita,maka dari itu prose ini sangat lah penting tanaman pada sayur pada umumnya harus mendapatkan sinar 60-70 persen,akan tetapi tidak juga terlalu lama karena tanaman kita bisa-bisa layu dan kering.

Panen

Pertumbuhan Sawi sangatlah cepat apabila perawatan dan pemeliharaannya baik,maka sawi yang kita tanam pada media tanam vertikultur bisa sampai 1-2 bulan saja.maka dari itu pemeliharaan sangatlah penting untuk mendapatkan panen yang memuaskan.anda mendapatkan sayur segar sehat tanpa ada zat-zat kimia yang terkandung di dalam sayuran yang kita konsumsi.

Mungkin itu saja info mengenai cara menanam Sawi dengan cara vertikultur dengan sistem semi hidroponik,anda bisa menggunakan rockwool pada lubang media tanam,mungkin masih banyak kekurangan yang admin cantumkan karena kurangnya pengalaman admin dalam hal ini,akan tetapi admin sudah berhasil menanamnya dengan cara yang admin terangkan diatas,terima kasih.

Agama

Bagaimana cara menanamkan akhlak yang baik di era milenial kepada anak?

Berdasarkan pengamatanmu bagaimanakah proses penyebaran islam berlangsung ?

Bagaimanakah islam mengajarkan kepada umatnya dalam berakidah ? jawabannya

Bagaimana Cara Mendidik Anak Perempuan


IPA

Apa Dampak yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar 

cara menanam Sawi dengan cara vertikultur

apa yang kamu ketahui tentang cara menanam sistem hidroponik?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar 

media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?

budidaya berpangkal pada cultivation yaitu,pengertian budidaya berpangkal pada cultivation

Apa keuntungan yang didapat dari budi daya satwa harapan?

bagaimana cara memanfaatkan gambir untuk membantu proses penyembuhan luka bakar ?

Sebutkan cara cara unta untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan gurun pasirnya ?

Fotosintesis tercantum biotik bagaimana metode kerjanya?


IPS

Apa cabang ilmu sains yang bj habibie geluti? kunci jawaban dari pertanyaan IPA 

Apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi?

bagaimana akar sejarah sengketa batas wilayah antara indonesia dan malaysia

bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara

Bagaimanakah sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan jepang

Bagaimana suasana pembentukan BPUPKI ? Jawabannya

 Mengapa diperlukan analisis kewilayahan jawabannya adalah 

Sebagai seorang pemimpin, bagaimanakah anda dapat memajukan negara?​

 Bagaimanakah biodiversiti dapat menjana ekonomi​

bagaimana biosolar b30 dibuat :Mengenal Biosolar, Potensi Sumber Energi Alternatif Masa Depan



















Post a Comment for "cara menanam Sawi dengan cara vertikultur"