Keutamaan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa Bulan Suci Ramadan hijriah yang wajib kallian tahu

 


Bulan Suci Ramadhan 1444 hijriah sebentar lagi,tak terasa bulan suci berjumpa dengan kita semua,ibadah puasa di bulan suci ramadhan merupakan salah satu keajiban ummat muslim,maka dari itu Makassarlinks akan memberikn informasi mengenai keistimewaan dari sahur sebelum menjalankan ibadah puasa.

Pada saat sebelum melaksanakan puasa umat muslim sebaiknya melasanakan sahur,bagaimana sih hukum dari sahur ini ,apakah kita bisa melewatkan sahur?mari daengku kita ulas di dalam artikel keunggulan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa 1444 hijriah.

KEUTAMAAN DAN PAHALA SAHUR DALAM ISLAM

Sahur merupakan salah saat hal yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah puasa,karena melaksanakan sahur sebelum berpuasa di bulan suci ramadhan mempunyai pahala yang melimpah,oleh karena itu kita sebagai umat muslim di anjurkan untuk melaksanakan sahur terlebih dahulu.

Disamping kita mendapatkan amal yang berimpah kita juga mendapatkan benefit lainnya  seperti sumber energi untuk menjaankan ibadah puasa,karena kita tidak mendapatkan sumber energi pada saat kita berpuasa.

HUKUM SAHUR 

Sebenarnya Hukum Sahur ketika ingin menjalankan puasa adalah tidak wajib atau (sunnah),dan bukanlah suatu keharusan ,melaksanakan sahur ketika sebelum matahari terbit (subuh)merupakan hal yang di anjuran oleh Rasulullah SAW

Rasullulah berkata menyantap sahur memberikan berkah yang melimpah,dan ada beberapa hadist menceritakan tentang sahur contohnya seperti ini

Hadist Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA beliau berkata dalam hadistnya :

"Keutamaan sahur sesungguhnya mengandung berkah Maka dri itu jangan kalian meninggalkannya walaupun seteguh air karena Allah dan malaikat bersalawat untuk mereka yang bersahur"

Berikut Kerutamaan sahur sebelum melaksanakan ibadah bulan suci ramadhan 

MENDEKATKAN WAKTU SHOLAT SUBUH

Kita tahu Bagun sahur merupakan keutamaan dan keunggulan dalam menjalan ibadah puasa,tidak legkap rasanya berpuasa apabila tidak melakukan sholat lima waktu,keungulan dan keutamaaan sahur yaitu setelah menyantap sahur daengku bisa menunggu waktu subuh lebih awal.

SAHUR MERUPAKAN WAKTU YANNG SANGAT BAIK BERISTIGFAR

Di ayat ayat suci al quran mmenjelaskann bahwa Waktu Sahur merupakan waktu yanng sangat baik dalam memohon ampun kepada yang Pengcipta,maka dari itu setelah melaksanakan sahur ada baiknya kita beristigfar kepada ALLAH SWT.

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

"Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum Fajar." (QS. Adz Dzariyat: 18)

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

"Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur." (QS. Ali Imran: 17)

KEBERKAHAN YANG MELIMPAH

Keutamaan sahur yang berikutnya yaitu di berikannya keberkahann yanng melimph untuk kita,orang yang menjaankan puasa dengan melasanakan sahur terlebi dahulu dan di barengi Berdoa dan shalat maka ALLAH SWT bersama Para Malaikat akan memberikan keberkahan kepada mereka yang menjalaninya

Dikutip dari Islam Q&A

Diceritakan  Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Sahur adalah santapan yang diberkahi, jadi janganlah mengabaikannya.

Bahkan jika salah satu dari kalian hanya mengambil seteguk air, karena Allah dan malaikat-Nya mengirimkan berkah bagi mereka yang makan sahur,” diceritakan oleh Ahmad, al-Albaani dalam Saheeh al-Jaami.

Nabi Muhammad SAW bahkan makan sahur beberapa saat sebelum masuk waktu subuh.

Sebagaimana pernyataan sahabat Zaid bin Tsabit Ra, “Kami makan sahur bersama Rasulullah SAW sesudah itu kami beranjak untuk menunaikan salat.”

Anas bin Malik kemudian bertanya, "Kira-kira berapa lama jarak antara makan sahur dan salat?", lalu Zaid bin Tsabi menjawab, "Kira-kira selama pembacaan 50 ayat," (HR. Bukhari dan Muslim).

SEBAGAI SUPLAI ENERGI

Berikut keutamaan Sahur yang lain yaitu merupakan sebagai sumber energi ketika menjalani puasa,kita tahu di dalam melaksanakan puasa kiya akan manahan dahaga serta lapar,nah sahur ini merupakan sebbagai uplai energi kita dalam menjalani ibadaah puasa ini.

anda pasti tahu ketika perut keroncongan banyak gejala gejala kondisi tubuh yang biasanya kasdang menganggu aktifitas kita misanyasakit kepala,mual akibat maag dan juga gemetar akibat kurangnyaasuan gula atau enrergi dalam tubuh.

ALLAH SWT BERSAMA MALAIKAT BERSALAWAT BAGI MEREKA YANG SAHUR

Sahur memanglah bukan suatu kewwajiban dalam melaksanakan ibadah puasa akan tetapi sahur mempunyai banyak kebaikan di dalamnya dan salah satu keutamannnya yaitu ALLAH SWT ERSAMA MALAIKAT bersalawat kepada orang yang elaksanakan sahur ini.

Berikut dari Hadist Abu Sa'id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur." (HR. Ahmad)

Imam Abdur Rauf Al-Munawi di Faidhul Qadir mengatakan, selawat Allah SWT kepada orang yang sahur ialah rahmat atas mereka dan selawat malaikat adalah permohonan ampunan kepada manusia.

MENGURANGI RASA KELELAHAN

Keutamaan dan nikmat sahur lainnya yaitu mencegah dan megurangi rasa letih dalam menjalankan ibadan puasa,disarankan bagi yang ingin berpuasa agar tetap strong,kita bisa mengkomsumsi banyak sayur yang tinggi akan serat dan sayur ini juga berfungsi sebagai bahn untuk meningkatkan kadar air dalam tubuh dantidak lupa juga mengkomsumsi makanan yang berprotein tingg.

Itulah 6 Keutamaan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1444 yang wajib kalian tahu,semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.Wassalam

Post a Comment for "Keutamaan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa Bulan Suci Ramadan hijriah yang wajib kallian tahu"