Kenali Anak penentang sejak dini: Tips Merawat Anak Penderita ODD(Oppositional Defiant Disorder)

Anak penentang : Tips Merawat Anak Penderita ODD(Oppositional Defiant Disorder)


Anak penentang : Tips Merawat Anak Penderita ODD(Oppositional Defiant Disorder)


Masa Kecil sulit:

Oppositional Defiant Disorder (ODD) adalah gangguan anak di mempengaruhi mana saja dari 6 sampai 10 persen dari anak-anak. Hal ini ditandai dengan serangkaian perilaku negatif pada anak yang ditujukan kepada orang dewasa dalam hidupnya, dan terkadang dapat disalahartikan sebagai gangguan yang memiliki beberapa karakteristik, seperti gangguan perilaku dan bahkan gangguan defisit perhatian.

Terdengar seperti anak kecil yang mungkin Anda kenal?

Jika seorang anak menunjukkan empat atau lebih dari perilaku ini selama enam bulan atau lebih, dia kemungkinan besar akan didiagnosis dengan ODD, kecuali ada penjelasan alternatif (misalnya, jika dia mengalami semacam trauma atau jika ada kelainan atau kondisi lain yang berperan. ). Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah frekuensi dan intensitas. Semua anak menunjukkan beberapa perilaku ini, tetapi tidak sampai anak ODD. ODD dapat berkembang kapan saja, seiring waktu, dan mungkin sekunder akibat diagnosis lain. Dengan kata lain, itu mungkin berdampingan dengan ADHD atau gangguan mood.

anak sering menentang:

Semua anak menentang dari waktu ke waktu, terutama ketika lelah, lapar, stres, atau kesal. Mereka mungkin berdebat, berbicara balik, tidak patuh, dan menentang orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya. Perilaku menentang seringkali merupakan bagian normal dari perkembangan anak usia dua hingga tiga tahun dan remaja awal. Namun, perilaku tidak kooperatif dan bermusuhan secara terbuka menjadi perhatian serius ketika hal itu begitu sering dan konsisten sehingga menonjol bila dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia dan tingkat perkembangan yang sama dan ketika hal itu memengaruhi kehidupan sosial, keluarga, dan akademik anak.

Menjauh dari konflik:

Strategi untuk menghindari konflik sangat penting untuk meredakan situasi. Adalah bijaksana untuk mengubah topik pembicaraan jika energi Anda rendah, atau Anda curiga bahwa topik diskusi akan menimbulkan pertengkaran. Menjauh dari konflik adalah strategi lain yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda tidak dapat mengubah topik pembicaraan, atau pergi, penting untuk diingat bahwa tujuan anak ODD adalah menekan tombol Anda. Pikirkan tentang daya tahan Anda, berapa lama Anda dapat menahan dorongan tombol yang sangat berlawanan? Ketika Anda sampai di ujung tali, apa pilihan Anda? Penting untuk tidak menganggap serius apa yang dikatakan anak Anda. Segera setelah Anda membela diri, anak Anda, menurut aturan yang mengatur argumen, memiliki hak untuk membela diri dari serangan Anda. Pada gilirannya, Anda harus membela diri, dan dia sekarang telah menekan tombol Anda dan mendapatkan kekuatan. Anda tidak perlu membela diri atau mencoba meyakinkannya bahwa Anda benar.

Anak menentang Anda:

Jangan turunkan diri Anda ke level anak menentang Anda. Ada dua pilihan yang tersedia untuk mencegahnya menarik Anda. Katakan padanya, dengan sikap rasional yang tenang, bahwa dia memiliki dua pilihan. Jika dia ingin tetap tinggal, dia dapat mengganti topik pembicaraan dan berhenti mengeluh; atau dia bisa pergi ke tempat lain di rumah untuk mengeluh jika dia mau. Jika anak Anda memilih untuk mengeskalasi, sekarang saatnya untuk menggunakan dua kata yang ampuh yang dapat memotong argumen apa pun. Kata-kata ini adalah "terlepas dari" dan "namun demikian". Misalnya, "namun demikian, begini jadinya ..." Menggunakan kata-kata ini berulang-ulang (seperti rekaman rusak), dengan cara yang tenang dan tidak emosional akan membantu meredakan situasi tanpa membiarkan anak Anda menarik Anda ke dalam kekuasaan. berjuang.

Anak-anak dan remaja:

Ciri-ciri umum dari penyakit ini  (ODD) termasuk kemarahan yang berlebihan, seringkali terus-menerus, sering mengamuk atau ledakan kemarahan, serta mengabaikan otoritas. Anak-anak dan remaja penderita ODD sering dengan sengaja mengganggu orang lain, menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka sendiri, dan mudah terganggu. Orang tua sering mengamati perilaku yang lebih kaku dan mudah tersinggung daripada saudara kandung. Selain itu, anak-anak muda ini mungkin tampak membenci orang lain dan ketika seseorang melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai, mereka lebih suka membalas dendam daripada solusi sensitif.

Gangguan pada Komorbiditas Seperti ADHD.

Agar seorang anak atau remaja memenuhi syarat untuk diagnosis ODD, perilaku ini harus menyebabkan tekanan yang cukup besar bagi keluarga dan/atau mengganggu fungsi akademik atau sosial secara signifikan. Interferensi dapat berupa mencegah anak atau remaja belajar di sekolah atau berteman, atau menempatkannya dalam situasi berbahaya. Perilaku ini juga harus bertahan setidaknya selama enam bulan. Efek ODD dapat sangat diperkuat oleh gangguan lain dalam komorbiditas seperti ADHD. Gangguan komorbid umum lainnya termasuk depresi dan gangguan penggunaan zat.


Post a Comment for "Kenali Anak penentang sejak dini: Tips Merawat Anak Penderita ODD(Oppositional Defiant Disorder)"